Bunda, Mari Kenalkan Makanan Pada Anak Susah Makan

Anak susah makan – Hi bunda! Penting untuk Anda ketahui, bahwa sangat normal jika si kecil yang masih berada di usia balita masih memiliki kebiasaan yang berubah-ubah. Mengkonsumsi makanan yang padat juga merupakan satu pengalaman yang baru bagi mereka. Bahkan si kecilpun masih membutuhkan waktu yang cukup untuk mengenal setiap rasa, bentuk, tekstur bahkan warna dari setiap makanan tersebut. Dan itu akan membuat anak susah makan.

Bahkan tidak jarang ketika si kecil masih suka pilih-pilih dalam memilih makanan yang mereka inginkan, karena mereka masih berada pada tahapan mencoba berbagai makanan yang memang masih baru mereka kenal. Dan pastinya Anda sebagai orangtua merasa khawatir, karena Anda takut kalau si kecil tidak bisa memperoleh asupan nutrisi yang cukup baik hanya dikarenakan mereka memilih-milih jenis makanan yang akan mereka konsumsi. Lantas, bagaimana caranya dalam mengatasi anak susah makan dan masih suka pilih-pilih makanan?

Nah, Anda tidak usah khawatir, karena di bawah ini kami akan memberikan beberapa cara dalam memberikan solusi anak susah makan dan masih suka pilih-pilih makanan, yaitu sebagai berikut:

  1. Anda harus membiarkan si kecil untuk memilih makanan yang ia sukai. Mengapa? Karena si kecil juga harus mendapatkan kebebasan dalam memilih setiap menu makanan yang ia sukai. Dan ketika Anda memaksakan si kecil untuk makan suatu hal, maka akan membuat si kecil menjadi tegang dan tidak mau makan. Anda sebagai orangtua hanya perlu menyediakan makanan yang bervariasi, dan yang pastinya yang sehat juga bergizi untuk si kecil.
  2. Anda juga harus paham bahwa setiap anak memiliki selera makan yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda harus memahami makanan seperti apa yang di sukai si kecil.
  3. Anda juga harus memastikan kalau si kecil memperoleh asupan nutrisi yang cukup dengan cara menambahkan tambahan nutrisi pada makanan yang disukai si kecil. Mungkin Anda juga bisa menambahkan sedikit irisan ayam pada macaroni pasta yang menjadi makanan favoritnya, atau bahkan Anda juga bisa menambahkan irisan buah pada sereal yang disukai si kecil. Dengan begitu, si kecil masih tetap bisa mengkonsumsi makanan favoritnya tanpa kekurangan asupan nutrisi.
  4. Anda harus menghindari upaya menawarkan makanan yang memiliki rasa manis sebagai salah satu usaha Anda agar si kecil mau makan. Karena sekali saja si kecil mencoba makanan yang manis, maka ia akan terus ketagihan untuk memakan makanan yang manis tersebut. Ingat bunda, jika Anda ingin membangun kebiasaan makan si kecil, maka jangan sampai Anda mengorbankan gigi juga kesehatan si kecil dengan mengkonsumsi makanan yang manis.
  5. Anda harus berusaha agar tidak adanya gangguan di meja makan ketika waktu makan tiba. Karena jika ada gangguan seperti adanya suara tv yang sedang menyala, maka si kecil bisa kehilangan nafsu makannya dan memilih untuk melakukan kegiatan yang lain. Maka dari itu, bunda harus membuat waktu makan menjadi lebih rileks dan tenang, agar si kecil bisa tetap fokus untuk menghabiskan makanannya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517