Bunda Harus Tahu Makanan Penting Untuk Ibu Menyusui!

Menyusui merupakan salah satu cara yang terbaik yang bisa bunda lakukan dalam menjalin ikatan batin antara bunda dengan si kecil. Bahkan memberikan ASI eksklusif juga merupakan langkah awal yang harus bunda lakukan dalam memberikan nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir. Nah, agar bunda bisa menjaga pasokan ASI dalam jumlah yang cukup, serta mampu membantu si kecil tumbuh, maka bunda harus mengkonsumsi makanan untuk ibu menyusui yang memang memiliki manfaat yang banyak.

Apakah bunda tau, berbagai jenis makanan ibu menyusui yang baik untuk di konsumsi? Ingin tahu jawabannya, yuk simak uraian berikut ini:

  1. Sayuran

Sayuran, sayuran adalah salah satu jenis makanan sehat untuk ibu menyusui yang memiliki berbagai macam kandungan zat juga vitamin. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi mampu membantu tubuh dalam mempertahankan energi juga bisa mencegah terjadinya anemia. Dan asam folat atau bahkan folat juga merupakan zat yang penting untuk proses pembentukan sel darah merah, dan itu semua bisa bunda dapatkan dari mengkonsumsi sayuran. Dan berikut ini daftar sayuran yang memiliki manfaat yang lebih bagi bunda yang sedang menyusui, yaitu: Bayam, tomat, selada, jamur, kentang, labu dan mentimun. Bagi bunda yang menyusui sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi sayuran 3-5 porsi dalam satu harinya.

  1. Buah-buahan

Umumnya buah-buhan merupakan jenis makanan yang mampu memberikan manfaat yang terbaik bagi tubuh kita. Dan sangat penting bagi bunda yang tengah menyusui memperoleh asupan buah-buhan yang memang memiliki kandungan vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dan Vitamin K.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian juga sangat baik di konsumsi oleh bunda yang tengah menyusui, terutama biji-bijian yang memiliki kandungan nutrisi serta serat alami yang memang tidak akan rusak ketika ada dalam proses pengolahan. Pada poin ini, bunda bisa meningkatkan mengkonsumsi oatmeal, roti gandum, juga beras merah.

  1. Kacang-kacangan

Kacnag-kacangan juga memiliki kandungan protein yang baik serta mengandung lemak sehat yang baik di konsumsi selama masa kehamilan. Protein ini sangatlah penting dalam memperbaiki sejumlah sel yang ada di dalam tubuh. Dan beberapa jenis kacang yang bisa Anda jadikan sebagai bahan cemilan ketika menyusui yaitu kacang kenari, kemiri atau bahkan hazelnut.

  1. Ikan

Bagi Anda yang tengag menyusui, maka Anda harus membiasakan diri untuk menambahkan ikan pada menu makan harian Anda. Karena ikan memiliki kandungan yang tinggi akan omega-3, dan omega-3 ini sangat penting untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Semua jenis ikan bisa bunda konsumsi ketika menyusui, namun ada beberapa yang memang tidak dianjurkan di konsumsi ketika bunda tengah menyusui, yaitu ikan hiu, ikan todak, makarel, atau ikan ubin.

  1. Susu

Kandungan vitamin D yang ada di dalam susu bisa membantu si kecil tumbuh dengan sehat, karena adanya proses pertumbuhan juga pembentukan tulang yang sempurna. Selain itu, susu yang bunda konsumsi juga bisa membantu Anda dalam menghasilkan produksi ASI.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517