Bumil Wajib Mengetahui Resiko Kehamilan Kembar Ini!

Ketika Anda mengetahui kalau di dalam kandungan Anda terdapat dua janin, atau disebut kehamilan kembar, maka pastinya akan muncul perasaan haru juga gembira. Namun satu hal yang harus Anda ketahui, kehamilan kembar pastinya berbeda dengan kehamilan tunggal, karena proses kehamilan kembar jauh lebih berat dari kehamilan biasa.

Ketika Anda hamil anak kembar, ada beberapa resiko yang harus Anda dan janin dalam kandungan hadapi. Dan sebagai calon ibu dari anak kembar, maka Anda di tuntut untuk mengetahui resiko-resiko yang pastinya akan Anda alami, hal ini bertujuan agar Anda bisa mengantisipasinya dengan baik.

Berikut ini beberapa resiko yang harus dihadapi oleh ibu hamil kembar, yaitu sebagai berikut:

  1. Bayi lahir premature

Hal utama yang sering dialami oleh bayi kembar yaitu kelahiran premature. Efek dari bayi kembar yang lahri secara premature bisa bermacam-macam, salah staunya yaitu pertumbuhan sejumlah organ janin yang belum sempurna.

Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, karena untuk saat ini banyak rumah sakit yang memiliki teknologi yang tinggi guna mengatasi bayi yang lahir secara premature. Dalam memilih dokter kandungan, maka ANda dianjurkan untuk memilih dokter yang mudah untuk di ajak konsultasi.

Anda bisa menanyakan kepada dokter penyebab setiap gejala yang muncul baik pada diri Anda atau bahkan pada janin dalam kandungan.

  1. Diabetes saat hamil

Ibu yang mengandung bayi kembar umumnya lebih beresiko terkena diabetes ketika mereka hamil jika dibandingkan dengan ibu hamil yang mengandung janin tunggal. Hal ini dikarenakan meningkatnya produksi hormon tertentu yang memang bisa memberikan pengaruh terhadap kemampuan tubuh dalam mengolah insulin.

Biasanya, dokter akan memberikan saran kepada ibu hamil kembar untuk melakukan diet, dengan tujuan untuk mengatur hormon. Kondisi ini pastinya tidak akan berpengaruh terhadap keadaan janin yang ada di dalam kandungan, namun lebih berpengaruh pada kesehatan ibu yang mengandung bayi kembar.

  1. Masalah plasenta

Sebenarnya, masalah pada plasenta bisa menimpa semua jenis kehamilan, bukan hanya menimpa pada kehamilan kembar. Namun resikonya jauh lebih tinggi pada kehamilan kembar. Dan masalah yang sreing muncul pada kehamilan kembar yaitu placenta previa dan placenta abruptio.

  1. Masalah Jantung

Sebuah study yang telah di lakukan oleh seorang peneliti yang berasal dari Kanada mengungkapkan, bahwa ibu hamil yang mengandung janin kembar beresiko terkena masalah jantung. Masalah jantung ini bisa berupa serangan jantung atau bahkan gagal jantung.

Ketika masa kehamilan, ibu hamil bisa saja mengalami masalah jantung. Namun bagi ibu hamil kembar, resikonya meningkat menjadi empat kali lipat jika dibandingkan dengan ibu hamil anak tunggal. Dan penyebab utamanya yaitu stress yang berkepanjangan.

Bukan hanya itu, yang masih berhubungan dengan masalah jantung yaitu resiko munculnya darah tinggi. Oleh karena itu, Anda harus bisa menghindari stress selama kehamilan, dan perbanyaklah melakukan beberapa kegiatan yang bisa membuat hati dan perasaan Anda senang. Dan hal ini patsinya bisa mengurangi stress juga tekanan di masa kehamilan.

Related Posts

Share This