Buku Cerita atau Dongeng Bermanfaat Bagi Perkembangan Anak

Pada saat ini kebiasaan membacakan cerita dongeng sebelum tidur pada anak mungkin sudah jarang dan bahkan sudah memudar seiring dengan perkembangan zaman. Anak-anak tahun 90-an mungkin pernah mengalami kegiatan tersebut. Membacakan cerita dongeng pada anak mungkin terlihat sepele, akan tetapi banyak nilai positif dan manfaat dari kebiasaan tersebut bagi perkembangan anak. Namun, kebanyakan orangtua tidak sempat dan tidak memiliki waktu untuk melakukan hal ini akibat dari padatnya aktivitas di luar rumah.

Dongeng Bermanfaat Bagi Perkembangan Anak

Salah satu manfaat dari membacakan cerita dongeng bagi anak-anak yaitu untuk mempererat ikatan batin antara anak dan orangtua. Selain itu, kebiasaan ini akan menstimulus perkembangan psikologis dan kecerdasan anak. Untuk lebih jelasnya simak beberapa poin penting berikut ini mengenai manfaat dongeng untuk anak.

Manfaat Membacakan Buku Cerita atau Dongeng Bagi Perkembangan Anak

  • Meningkatkan kecerdasan anak

Kebiasaan membacakan buku cerita dongeng pada anak akan menstimulus kecerdasan emosional anak. Hal ini karena cerita dongeng akan membantu anak dalam memahami nilai-nilai moral tentang kehidupan. Perlu Anda ketahui bahwa kecerdasan emosional sangat penting bagi kehidupan sosial anak disamping kecerdasan kognitif. Melalui dongeng, anak-anak akan lebih mudah untuk memahami nilai-nilai moral.

  • Membantu perkembangan imajinasi anak

Dunia anak-anak merupakan dunia imajinasi sehingga mereka terkadang memiliki dunia sendiri yang disebut dengan dunia khayalan. Nah, dengan membacakan dongeng maka secara tidak langsung Anda mengarahkan daya imajinasi anak kea rah yang lebih baik. Dongeng mengajarkan anak tentang nilai-nilai kehidupan.

  • Menciptakan rasa empati

Membacakan cerita dongeng dengan beragam tema, termasuk kondisi kehidupan salah satu tokoh dongeng yang tidak selamanya bahagia akan menstimulus sikap sosial. Anak-anak akan belajar untuk berempati dengan keadaan orang-orang dilingkungan sekitar yang nasibnya tidak seberuntung dirinya. Membacakan cerita dongeng yang mendidik maka anak akan menyerap nilai positif dan menciptakan rasa empati di dalam diri mereka.

  • Meningkatkan minat untuk membaca

Anak-anak biasanya mempunyai kebiasaan malas untuk membaca buku. Nah, dengan memberikan buku dongeng maka akan membangkitkan minat anak untuk membaca. Cerita dongeng akan membuat anak penasaran sehingga merangsang mereka untuk membacanya. Buku cerita merupakan salah satu alat untuk membangkitkan minat membaca pada anak.

  • Menambah kosa kata dan keterampilan berbahasa

Perlu Anda ketahui bahwa dengan membacakan cerita dongeng akan menstimulasi kemampuan berbahasa pada anak. Hal ini karena anak lebih mudah menyerap setiap kosa kata yang didengarnya dari cerita tersebut. Cerita dongeng mengandung nilai-nilai positif dengan gaya bahasa yang lebih sopan sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh anak.

Nah, itulah manfaat membacakan cerita dongeng bagi anak yang perlu Anda ketahui. Sempatkanlah untuk membacakan satu cerita setiap hari bagi si kecil sebelum tidur atau di sela-sela waktu senggang Anda. Kedekatan Anda dengan si kecil sangat berguna untuk membantu tumbuh kembangnya. Perkembangan anak tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang bergizi, akan tetapi kedekatan dan peran penting Anda sebagai orangtua  akan berpengaruh terhadap aspek psikologi anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517