Bukan Hanya Untuk Kesuburan, Manfaat Toge Juga Baik Untuk Kesehatan

Manfaat toge. Kecambah atau disebut juga dengan toge kerap kali dimasak atau dimasukkan bersamaan dengan sup atau mie. Dan sebaiknya, kecambah atau toge ini Anda konsumsi dalam keadaan mentah, sehingga kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tidaklah rusak. Namun jika Anda tidak bisa mengkonsumsinya dalam kondisi mentah, maka Anda bisa mencampurkannya dengan sup, atau bahkan dengan cara merendamnya terlebih dahulu dengan menggunakan air panas selama beberapa saat saja. Karena mengkonsumsi toge dengan cara ini tidak akan merusak kandungan nutrisi juga vitamin yang ada di dalamnya dengan jumlah yang banyak. Sebaliknya, jika Anda mengkonsumsi toge dalam keadaan yang sangat matang, maka kandungan nutrisi juga vitamin di dalamnya akan mengalami kerusakan yang lebih parah.

Apakah harus kita mengkonsumsi kecambah atau toge? Bagaimana jika kita tidak mengkonsumsinya atau malah tidak menyukainya? Ini dia beberapa alasan yang harus Anda pahami mengapa Anda harus mengkonsumsi toge, yaitu sebagai berikut:

1. Mencegah penuaan dini

Toge sendiri memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Hal ini dikarenakan toge memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga sangat baik guna menyingkirkan radikal bebas yang mana bisa merusak sejumlah sel dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kecambah atau toge secara teratur, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda, serta mampu menjaga penampilan Anda agar tetap awet muda.

2. Mencegah kanker

Dalam proses pembentukannya, toge sendiri telah menguraikan sebanyak 90% rantai olisakarida menjadi bentuk karbohidrat yang sederhana, sehingga kandungan senyawa tersebut sangat mudah untuk diserap tubuh tanpa harus menghasilkan gas.

Dikarenakan toge memiliki kandungan serat juga air dalam jumlah yang banyak, maka toge juga mampu membantu tubuh untuk menguras sejumlah kotoran yang berada di dalam usus besar. Dengan mendorong kotoran untuk meninggalkan usus besar, maka toge sendiri bermanfaat untuk mencegah terjadinya penumpukan sejumlah zat beracun yang mana bisa memicu munculnya sel kanker dalam tubuh.

3. Meningkatkkan kesuburan

Toge atau kecambah memiliki kandungan vitamin E, sehingga ampuh dalam mengurangi gangguan pramenstruasi, keluhan di masa menstruasi, pramenopause dan juga gangguan menopause. Sehingga toge ini ampuh dalam membantu meningkatkan kesuburan baik wanita atau bahkan pria.

4. Mencegah Osteoporosis

Kecambah juga memiliki kandungan esterogen alami yang memang sangat bermanfaat untuk mensintesis esterogen tanpa adanya efek samping. Kandungan esterogen sendiri mampu meningkatkan kepadatan tulang serta struktur tulang, juga sangat ampuh untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Itu dia manfaat yang dimiliki kecambah atau toge. Bukan hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, namun ternyata toge juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya, seperti menjaga kesehatan kulit, membantu memperlancar sistem pencernaan, hingga mampu mencegah terjadinya kanker.

Related Posts

Share This