Bubur Susu Nasi Bayam Merah Untuk Bayi

Pada dasarnya bubur untuk bayi harus memiliki tekstur lembut supaya lebih mudah dilumat dan dicerna. Hal ini karena bayi dibawah satu tahun belum sepenuhnya memiliki kemampuan untuk mengunyah makanan. Selain itu, sistem pencernaan bayi belum berfungsi dengan baik untuk mencerna makanan yang bertekstur lebih kasar. Maka dari itu dalam memberikan makanan pendamping ASI harus dilakukan secara bertahap.

Bubur untuk bayi bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis sayuran atau buah-buahan. Salah satu contohnya yaitu bubur susu nasi bayam merah. Bubur ini menggunakan campuran susu dan sayuran bayam merah. Untuk penambahan susu, Anda bisa menggunakan ASI ataupun susu formula. Sebelum Anda membuat bubur untuk bayi, perhatikan aspek kebersihan bahan dan alat yang akan digunakan.

Resep dan Cara Membuat Bubur Susu Nasi Bayam Merah

Bahan:

  • 400 ml air
  • 50 gram bayam merah
  • 3 sdm nasi
  • 200 ml ASI/susu formula

Cara membuat:

  • Bayam merah dicacah sampai halus.
  • Masak nasi sampai menjadi bubur, kemudian masukan bayam merah dan aduk hingga matang atau menjadi bubur.
  • Haluskan bubur menggunakan blender.
  • Tambahkan ASI atau susu formula dan aduk sampai rata. Siap untuk disajikan.

Bayam merah merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi untuk mengoptimalkan perkembangan bayi. Bayam mengandung asam folat, zat besi, kalsium, mangan, posfor dan vitamin. Dalam 100 gr bayam merah mengandung 368 mg kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan dan menjaga kesehatan tulang serta gigi bayi. Selain itu, kandungan vitamin A pada bayam merah berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Dalam membuat bubur untuk bayi, sebaiknya Anda menghindari penambahan gula, garam dan zat aditif lainnya. Hal ini karena bahan-bahan tersebut bisa memperberat kinerja ginjal, pankreas dan liver sehingga membahayakan kesehatan bayi. Pada dasarnya rasa alami sudah cukup untuk bayi sehingga tidak memerlukan tambahan penyedap. Yang paling penting adalah kandungan nutrisi dari makanan tersebut.

Related Posts

Share This