Bubur Susu Biskuit Untuk MPASI Bayi Usia 6-9 Bulan

Bagi orangtua yang baru pertama kali memiliki bayi, terkadang merasa kebingungan dalam memilih jenis makanan yang tepat untuk dijadikan MPASI. Perlu Anda ketahui bahwa makanan bukan sekedar hanya untuk sumber energi saja, namun harus menunjang pertumbuhan dan perkembangan. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa makananan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi.

Pada prinsipnya makanan pendamping ASI harus diberikan secara bertahap sesuai dengan usia bayi. Makanan yang pertama kali diperkenalkan harus memiliki tekstur cair dan encer, lalu dilanjutkan dengan makanan setengah padat dan makanan padat. Disamping makanan utama, anda juga bisa memberikan makanan selingan untuk melengkapi kebutuhan gizinya.

Makanan selingan untuk bayi disela-sela makanan utama pendamping ASI yang bisa Anda sajikan yaitu bubur susu biskut. Makanan yang satu ini bisa Anda sajikan untuk bayi usia 6 bulan karena memiliki tekstur encer dan lembut sehingga lebih mudah untuk ditelan serta dicerna oleh bayi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuat bubur susu biskuit yang bisa Anda praktekan di rumah.

Bahan:

  • 20 gram biskuit
  • 200 cc susu bubuk

Cara membuat bubur susu biskuit:

  1. Biskuit dilumatkan hingga halus.
  2. Resbus susu hingga mendidih dan angkat.
  3. Masukkan biskuit, lalu aduk hingga menjadi bubur.
  4. Biarkan supaya panasnya hilang dan sajikan pada bayi saat masih hangat.

Kandungan gizi dari bubur susu biskuit tidak perlu diragukan lagi. Seperti yang kita ketahui bahwa susu merupakan sumber kalsium yang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, susu juga memiliki kandungan vitamin D yang berguna untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Sebenarnya tubuh memproduksi vitamin D secara alami, namun untuk mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh harus terkena paparan sinar matahari. Disamping itu, ternyata dengan mengkonsumsi susu sangat bermanfaat untuk menghidrasi cairan tubuh si kecil sehingga terhindar dari dehidrasi. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memberikan bubur susu biskuit sebagai MPASI yang sehat dan bergizi.

Related Posts

Share This