Bubur Beras Merah dan Wortel Untuk Bayi

Makanan pendamping ASI dianjurkan bagi bayi setelah berusia 6 bulan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Makanan pertama yang diperkenalkan pada bayi harus bertekstur lembut sehingga lebih mudah dicerna. Selain itu, perhatikan juga kandungan nutrisi dari setiap makanan yang akan Anda sajikan.

Pada usia 6 bulan, bayi mulai bisa dikenalkan dengan makanan yang berbahan dasar beras. Salah satu makanan padat pendamping ASI untuk bayi yaitu bubur beras merah campuran wortel. Selain proses membuatnya yang mudah, bubur beras merah juga mengandung banyak nutrisi untuk menunjang perkembangan bayi.

Beras merah yang akan diolah menjadi bubur sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu menjadi tepung. Hal ini bertujuan supaya tekstur bubur lebih halus dan lembut. Untuk lebih jelasnya berikut cara untuk membuat bubur beras merah.

Bahan:

  1. 30 gram wortel
  2. 2 sdm tepung beras merah
  3. 200 ml air
  4. 50 ml ASI/susu formula

Cara membuat:

  1. Larutkan tepung beras merah dengan air sambil diaduk dan masak diatas api sampai menggumpal.
  2. Kukus wortel kemudian haluskan dengan blender.
  3. Masukan susu dan wortel ke dalam bubur dan aduk hingga rata.
  4. Sajikan pada bayi.

Demikian resep untuk membuat bubur beras merah wortel yang bisa Anda sajikan untuk si kecil. Beras merah memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna untuk menunjang perkembangan bayi. Adapun manfaat beras merah diantaranya yaitu:

  • Beras merah memiliki kandungan karbohidrat yang lebig rendah dibandingakn dengan bers putih. Namun lebih banyak mengandung vitamin, serat dan protein.
  • Kandungan serat pada beras merah berperan penting dalam menjaga sistem pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga mencegah sembelit pada bayi.
  • Beras merah mengandung posfor yang bermanfaat untuk proses pembentukan tulang dan gigi.
  • Vitamin B yang terkandung pada beras merah berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf, reproduksi dan menunjang perkembangan si kecil.

Anda tidak perlu ragu lagi untuk membuat sajian makanan pendamping ASI dengan bahan dasar beras merah. Bubur beras merah yang disajikan secara rutin sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan fisik dan otak bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517