Buah Yang Baik dan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Pada awal kehamilan kondisi janin masih sangat sensitif, kondisi psikis dan asupan nutrisi pada ibu hamil harus benar-benar diperhatikan dan dijaga supaya perkembangan janin tidak terganggu. Asupan nutrisi yang cukup akan membuat perkembangan janin berjalan dengan baik. Salah satu makanan yang bagus untuk ibu hamil dan perkembangan janin yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan. Di dalam buah-buahan sangat kaya akan nutrisi yang di perlukan oleh ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Penting bagi wanita untuk mengetahui buah yang sehat untuk ibu hamil. Lalu buah apa saja yang baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil?

Buah untuk ibu hamil

Alpukat

Buah alpukat mengandung asam folat yang berguna untuk mencegah bayi lahir cacat dan untuk menguatkan saraf bayi. Selain itu buah alpukat juga mengandung banyak lemak tak jenuh atau lemak baik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Pada awal kehamilan merupakan saat pembentukan sistem saraf, otak dan sumsum tulang belakang. Buah alpukat merupakan salah satu buah yang baik buat ibu hamil muda karena kandungan asam folat yang ada pada buah alpukat sangat bermanfaat dalam membantu pembentukan sumsum tulang belakang, saraf dan otak. Apabila asupan asam folat untuk janin kurang maka akan mengambil dari nutrisi cadangan yang dimiliki ibu. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya bagi ibu hamil dan akan memiliki dampak yang buruk. Satu buah alpukat bisa memenuhi kebutuhan asam folat sebesar 30 %.

Pisang

Pisang sangat kaya akan nutrisi seperti kalium, posfor, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin B kompleks, vitamin C, serotonin dan vitamin B6 yang memiliki fungsi untuk memperlancar fungsi dari otak. Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang bermanfaat untuk ibu hamil yang membantu impuls syaraf dan pembentukan sel darah merah. Vitamin C sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang, kulit serta pembuluh darah. Mengonsumsi dua buah pisang setiap harinya sangat bagus bagi ibu hamil. Zat besi menjaga kesehatan darah pada ibu hamil, zat besi berperan dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Protein yang terdapat dalam pisang akan membantu pertumbuhan sel baru pada bayi dan ibu hamil. Folat yang terkandung dalam pisang akan membantu pertumbuhan gen dan sel-sel baru. Karbohidrat untuk untuk energi tambahan bagi ibu hamil.

Kurma

Buah kurma sangat kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Kandungan kalium sangat bagus untuk mengatur tekanan darah serta untuk membantu mempertahankan kontraksi pada otot jantung. Hormon potuchin  dan oksitosin yang berfungsi untuk mengurangi terjadinya pendarahan saat melahirkan dan untuk memperlancar ASI. Zat besi untuk pembentukan haemoglobin pada sel darah merah dan membantu dalam proses mengalirkan darah ke seluruh tubuh ibu hamil dan juga janin. Serat/fiber akan membantu memperlancar proses metabolisme dan pembuangan kotoran dalam tubuh. Kalsium yang terkandung dalam buah kurma sangat berperan dalam pembentukan tulang dan gigi pada bayi serta untuk kesehatan tulang ibu hamil.

Strawberry

Kandungan nutrisi seperti omega 3, vitamin B5, B6, magnesium, vitamin C dan K akan mencegah terjadinya cacat pada bayi atau bayi lahir prematur.

Buah Naga

Kandungan fitokimia dalam buah naga bisa menjadi anti oksidan yang sangat berguna untuk kesehatan ibu hamil. Selain itu kandungan folat dalam buah naga bisa mencegah cacat saraf otak pada bayi. buah naga juga kaya akan vitamin C, potassium, kalium dan zat besi yang sangat bagus untuk kesehatan.

Kelapa

Kandungan elektrolit yang terkandung dalam air kelapa bermanfaat untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Selain itu juga kandungan asam laurat dalam air kelapa sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi virus atau bakteri. Vitamin B1 dalam kelapa akan membantu dalam meningkatkan ketahanan tubuh dan mengurangi rasa lelah pada ibu hamil. Asam folat dan vitamin B9 membantu dalam pertumbuhan janin. Selain itu kelapa juga kaya akan vitamin A, vitamin B lengkap dan vitamin C yang merupakan buah sehat ibu hamil dan bermanfaat untuk perkembangan janin.

Related Posts

Share This