Buah Untuk Ibu Hamil: Manfaat Nangka

Masa kehamilan merupakan saat-saat yang paling membahagiakan sekaligus rentan terjadi gangguan. Dalam hal ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan cara mencukupi semua kebutuhan nutrisi dan menjauhi aktivitas yang berbahaya bagi kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Salah satu jenis buah untuk ibu hamil yang memiliki banyak manfaat yaitu nangka.

Namun tidak sedikit ibu hamil yang ketakutan untuk mengkonsumsi buah nangka karena banyak mitos yang beredar tentang bahaya buah nangka untuk ibu hamil. Mereka percaya bahwa nangka bisa menyebabkan keguguran. Padahal sebenarnya hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar jika dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

Buah nangka mengandung riboflavin, vitamin A, vitamin C, tiamin, niasin, asam folat, kalium, kalsium dan mineral penting lainnya. Nah, dengan melihat kandungan nutrisi tersebut, maka nangka termasuk salah satu jenis buah yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

  1. Antioksidan alami

Salah satu manfaat buah nangka untuk ibu hamil yaitu sebagai antioksidan alami. Hal ini karena buah nangka mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Antioksidan berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Masalah yang paling umum dialami oleh ibu hamil yaitu gangguan pencernaan atau sembelit. Nah, solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengkosumsi nangka. Kandungan serat pada nangka sangat efektif untuk memperlancar sistem pencernaan.

  1. Mencukupi kebutuhan kalsium

Buah nangka memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil. Manfaatnya yaitu untuk menunjang pembentukan tulang dan gigi janin. Selain itu, kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil.

  1. Sumber energi

Buah nangka memiliki kandungan sukrosa dan fruktosa. Gula tersebut sangat mudah untuk di cerna oleh tubuh sehingga bisa menjadi sumber energi yang efektif untuk ibu hamil. Konsumsilah nangka secara teratur dengan porsi yang tidak berlebihan.

  1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi kehamilan. Dengan mengkonsumsi buah nangka maka akan membantu menjaga keseimbangan tekanan darah karena mengandung kalium.

  1. Memelihara kesehatan mata dan kulit

Buah nangka mengandung vitamin A yang berguna untuk memelihara kesehatan mata dan kulit ibu hamil. Ibu hamil biasanya mengalami masalah pada kulit yaitu stretch mark atau kulit kering. Maka dari itu untuk mencukupi kebutuhan vitamin kulit, konsumsilah buah-buahan dan penuhi kebutuhan cairan.

Demikian manfaat buah nangka untuk ibu hamil. Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah yang satu ini ketika hamil. Dengan catatan tidak berlebihan dan teratur. Semoga ulasan yang penulis sajikan bermanfaat!

Related Posts

Share This