Buah Untuk Bayi: Manfaat Buah Bit

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber utama vitamin serta mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dua komponen tersebut berperan penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Salah satu jenis buah untuk bayi yang cocok sebagai MPASI yaitu buah bit. Sekilas buah bit hampir sama dengan ubi jalar. Namun tentunya tekstur dan khasiatnya memiliki perbedaan yang signifikan.

Buah bit tergolong buah untuk balita yang bermanfaat dalam menunjang tumbuh kembangnya. Buah bit mengandung vitamin C, asam folat, posfor, kalsium, triftopan, zat besi dan berbagai mineral penting lainnya. Lalu apa saja manfaat buah bit untuk pertumbuhan bayi? Berikut ulasannya!

  1. Memperlancar saluran pencernaan

Salah satu manfaat buah bit untuk bayi yaitu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan vitamin C dan serat alami pada buah bit sangat efektif untuk membantu proses pencernaan sehingga mencegah sembelit pada bayi.

  1. Meningkatkan sistem imun bayi

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah bit berperan penting dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Dengan memberikan buah bit secara teratur maka si kecil akan terhindar dari gangguan penyakit yang bisa mengganggu proses tumbuh kembangnya.

  1. Mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi

Buah bit mengandung posfor dan kalsium yang berguna untuk membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

  1. Mencegah peradangan

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa buah bit memiliki kandungan mineral penting dalam jumlah tinggi. Nah, komponen tersebut bermanfaat dalam mencegah terjadinya peradangan pada bayi yang diakibatkan oleh infeksi virus maupun bakteri.

  1. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan zat besi pada buah bit berguna untuk menstabilkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit anemia pada bayi. Zat besi berperan penting dalam membantu proses pembentukan hemoglobin.

  1. Mengoptimalkan kecerdasan si kecil

Asam folat yang terdapat pada buah bit memiliki peranan yang signifikan yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan dan kecerdasan otak si kecil.

  1. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Buah bit termasuk jenis umbi-umbian yang memiliki kandungan betakaroten dalam jumlah tinggi. Manfaat betakaroten yaitu sebagai antioksidan yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh sehingga berguna dalam menjaga kesehatan mata si kecil. Selain itu, antioksidan tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Nah, itulah manfaat buah bit untuk bayi. Buah bit bisa Anda sajikan untuk si kecil sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) . Penyajiannya bisa dalam bentuk tim, puree ataupun bubur. Selain itu, jika si kecil sudah menginjak usia 4 atau 5 tahun, buah bit bisa Anda olah menjadi cake yang lezat dan bergizi sebagai cemilan untuk anak. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This