Buah-buahan Untuk Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Sembelit pada ibu hamil merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi. Fenomena tersebut biasanya dialami oleh ibu hamil pada tahap awal kehamilan dan tidak jarang juga pada kehamilan tahap akhir. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormone progesterone di dalam tubuh. Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, sembelit disebabkan oleh tekanan dari janin terhadap sistem pencernaan sehingga feses mengeras dan sulit untuk keluar.

Mengatasi sembelit saat hamil sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia karena berbahaya bagi janin. Dalam menangani sembelit sebaiknya menggunakan ramuan alami seperti makanan yang mengandung serat tinggi berupa sayur dan buah. Selain itu, jika Anda tidak memiliki pengetahuan akan hal tersebut sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Banyak sumber makanan yang mengandung serat, namun tidak semua jenis makanan tersebut bisa digunakan untuk mengatasi sembelit saat hamil. Hal ini harus ditinjau dari berbagai aspek seperti faktor keamanan bagi kehamilan. Nah, diantara banyaknya jenis makanan berserat, salah satu yang efektif untuk mengatasi sembelit pada waktu hamil yaitu buah-buahan.

Jenis Buah Untuk Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

  • Mentimun

Salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sembelit pada waktu hamil yaitu dengan mengkonsumsi mentimun. Kelompok sayuran yang satu ini mengandung zat besi, posfor, kalsium, vitamin C dan serat. Selain itu, mentimun juga mengandung air cukup tinggi untuk mengatasi sembelit saat hamil.

  • Pepaya

Pepaya sangat efektif dan ampuh dalam mengatasi sembelit pada ibu hamil. Pepaya mengandung vitamin dan serat cukup tinggi. Disamping itu, pepaya juga mengandung enzim papain untuk melunakkan feses di dalam usus besar sehingga lebih mudah untuk keluar. Konsumsilah secara rutin untuk membantu mengatasi masalah sembelit.

  • Stroberi

Seperti halnya jenis buah yang lain, stroberi juga mengandung vitamin C cukup tinggi yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan. Selain itu buah stroberi juga sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

  • Buah kismis

Buah kismis terbikti ampuh sebagai pencahar alami untuk mengatasi sembelit pada waktu hamil. Hal ini karena buah tersebut mengandung serat cukup tinggi. Konsumsilah buah tersebut secara rutin pada pagi hari.

  • Cincau

Selain jenis buah-buahan tersebut, untuk mengatasi masalah sembelit pada waktu hamil Anda bisa mengkonsumsi cincau. Selain sebagai obat panas dalam, ternyata cincau ampuh dalam memperlancar kinerja dari sistem pencernaan.

Nah, itulah cara mengatasi sembelit saat hamil dengan mengkonsumsi buah-buahan. Selain itu, untuk memperlancar sistem pencernaan, perbanyaklah konsumsi air putih setiap harinya. Lakukan olahraga ringan selama hamil untuk memperlancar pencernaan.

Related Posts

Share This