Bolehkah Jika Ibu Menyusui Minum Obat?

Menyusui merupakan sebuah proses penting setelah melahirkan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam memberikan asupan nutrisi untuk bayi. Bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan secara umum hanya diperbolehkan untuk mendapatkan ASI saja. Selama proses menyusui, penting sekali untuk memperhatikan setiap makananan yang dikonsumsi sebab akan berpengaruh terhadap ASI. Nah, dalam hal ini seringkali muncul pertanyaan “apakah boleh ibu menyusui minum obat?”

Pertanyaan seputar obat ibu hamil tentunya perlu mendapatkan perhatian penting. Menurut sebuah riset menunjukan bahwa hampir semua jenis obat yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan terserap oleh bayi melalui ASI. Walaupun kadar obat di dalam ASI terbilang rendah, namun hal ini tentunya harus tetap mendapat perhatian supaya tidak menimbulkan dampak negatif.

Jika ibu menyusui terserang penyakit ringan, sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter. Sebaiknya tangani dulu gangguan kesehatan tersebut dengan menggunakan cara alami yang lebih aman. Disamping itu, lakukanlah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran dan solusi yang lebih baik.

Hampir semua jenis obat yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan masuk ke dalam darah dan kemuadian terserap oleh janin melalui ASI. Walaupun kadarnya terbilang cukup rendah, akan tetapi paparan dari obat tersebut sangat beresiko terhadap kesehatan bayi. Hal ini bisa saja menimbulkan gangguan pada beberapa organ tubuh janin  seperti gangguan ginjal.

Meskipun ada beberapa jenis obat yang aman untuk ibu menyusui, akan tetapi tetap saja harus berhati-hati karena setiap bayi memiliki kondisi dan daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Jika kondisi gangguan kesehatan hanya bersifat ringan seperti flu atau pilek, sebaiknya Anda tidak langsung mengkonsumsi obat-obatan. Terkecuali jika kondisi penyakit yang Anda derita terbilang parah dan dokter menyarankan Anda untuk mengkonsumsi obat sebagai upaya penyembuhan.

Adapaun alternatif supaya tetap bisa memberikan ASI dengan aman ketika Anda mengkonsumsi obat yaitu dengan teknik ASI perah. Sebelum mengkonsumsi obat, Anda bisa memerah ASI untuk beberapa hari. Tentunya hal ini harus menggunakan cara atau teknik yang benar. Dengan begitu maka kesehatan Anda akan tetap terjaga dan asupan nutrisi untuk si kecil tidak terganggu.

Menurut beberapa riset menyatakan bahwa obat bisa mempengaruhi ASI sehingga hal ini terkadang membuat si kecil akan menolak ASI. Rasa tidak nyaman terhadap rasa ASI tersebut tentunya sangat beresiko mengakibatkan terhambatnya asupna nutrisi untuk bayi. Kondisi seperti ini tentunya dikhawatirkan akan mengganggu tumbuh kembangnya.

Bersikap bijaklah dalam mengkonsumsi obat selama menyusui. Jika penyakit hanya bersifat ringan, sebaiknya tidak langsung mengkonsumsi obat-obatan kimia. Lakukanlah cara sederhana yang bisa membantu meredakan dan mengatasi gangguan kesehatan yang sedang Anda derita.

Related Posts

Share This