Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

Semua orang tentunya mengenal mie instan. Makan cepat saji yang satu ini banyak digemari karena praktis dan rasanya terbilang enak. Mie instan bisa disajikan atau dikonsumsi dalam kondisi apapun. Penyajiannya mungkin hanya membutuhkan waktu 3 – 5 menit saja. Akan tetapi tahukah Anda jika terlalu sering mengkonsumsi mie instan ternyata sangat berseiko terhadap kesehatan tubuh terutama sistem pencernaan. Lalu bolehkah jika ibu menyusui makan mie instan?

Dalam menjalani proses menyusui tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan dari segi makanan yang dikonsumsi. Secara umum ibu menyusui tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan sebab akan berpengaruh terhadap kualitas, kuantitas dan citarasa ASI.

Pada dasarnya mie instan terbuat dari bahan dasar tepung terigu. Yang dikatakan bahaya disini adalah bahan pengawet dan penyedap/bumbu dari mie tersebut. Bumbu penyedap rasa mie  instan menggunakan MSG. Perlu Anda ketahui bahwa MSG memiliki efek neurotoksik jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan/terus menerus.

Zat aditif dan pengawet pada mie instan memiliki resiko yang sangat berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus. Zat tersebut bisa berdampak buruk terhadap organ tubuh bagian dalam seperti hari dan ginjal. Selain itu, penggunaan minyak sayur di dalam mie instan beresiko terhadap resiko penyakit jantung.

Pada waktu menyusui membutuhkan asupan gizi yang cukup tinggi untuk menjaga kualitas ASI bagi bayi. Nah, jika ibu hamil memiliki kebiasaan dalam mengkonsumsi mie instan tentunya hal ini akan berdampak buruk bagi nutrisi yang dibutuhkan bayi. Lebih disarankan bagi ibu menyusui untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengdung folat, flavonoid, betakaroten dan nutrisi penting lainnya.

Zat-zat aditif maupun MSG yang terdapat pada mie instan bisa mempengaruhi kualitas ASI sehingga berdampak terhadap proses menyusui. Mie instan tidak memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. MSG maupun zat aditif pada mie instan justru berpengaruh terhadap kesehatan bayi.

Kandungan MSG dan zat aditif pada mie instan memiliki dampak yang cukup fatal untuk perkembangan otak janin. Jika bayi terpapar zat tersebut dalam jangka penajng maka resikonya sangat fatal terutama dalam proses perkembangan otak. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada otak. Bisa saja bayi Anda memiliki IQ tidak sesuai yang diharapkan.

Nah, maka dari itusebaiknya ibu menyusui tidak terlalu banyak mengkonsumsi mie instan. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan bergizi dari kelompok buah-buahan, sayuran, daging, telur dan jenis makanan sehat yang lainnya. Selain itu, perbanyak juga konsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk membantu pembentukan tulang dan gigi bayi.

Ibu menyusui juga hendaknya memperbanyak konsumsi air putih untuk menunjang produksi ASI supaya lancar dan kuantitasnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Jika mengalami gangguan selama menyusui maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Related Posts

Share This