Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Es?

Berdasarkan mitos yang beredar, bahwa ibu hamil yang doyan mengkonsumsi air es bisa membuat bayi besar? Jika seperti itu, bolehkah ibu hamil minum es? Karena adanya perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil, maka bisa membuat keadaan suhu tubuh menjadi tinggi. Dan itu akan mengakibatkan ibu hamil yang selalu merasa gerah, serta ingin untuk meminum air es. Namun banyak diantaranya ibu hamil yang justru dilarang untuk mengkonsumsi air es, karena takut kalau bayi yang ada di dalam kandungan menjadi besar serta mengakibatkan ibu susah untuk melahirkan.

Padahal nyatanya, ibu hamil minum es jelas tidak ada kaitannya dengan ukuran janin serta sulitnya ibu ketika melahirkan. Dan ibu hamil boleh saja mengkonsumsi air es dingin, akan tetapi ibu hamil dianjurkan tidak terlalu sering untuk mengkonsumsi air dingin. Mengapa? Karena mengkonsumsi air dingin bisa membuat keadaan tubuh harus lebih banyak membakar lemak atau bahkan kalori. Dan hal ini mengakibatkan keadaan suhu tubuh yang menjadi naik ketika tengah mencerna air dingin. Sehingga ibu hamil akan kekurangan kalori bahkan mudah merasa lelah.

Bahkan fakta lain juga menunjukkan, bahwa umumnya ibu hamil sangat suka mengkonsumsi air dingin yang mereka campurkan dengan sirup yang manis. Dan inilah yang harus bumil hindari. Karena seorang ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi minuman atau bahkan makanan yang manis bisa menyebabkan diabetes. Bukan hanya itu, gula yang dikonsumsi ibu hamil juga bisa membuat ukuran bayi menjadi besar serta bisa menyulitkan ibu saat melahirkan dengan cara atau proses normal.

Kondisi ini akan terjadi karena ketika kadar gula yang ada di dalam darah ibu bertambah atau meningkat, maka secara otomatis janin yang ada di dalam kandungan juga akan memperoleh tambahan kadar gula. Dan kelebihan gula ini nantinya bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan menjadi lahir dengan bobot yang besar. Jadi bukan air dingin yang bisa membuat bayi menjadi besar, karena cairan yang ada di dalam tubuh nantinya akan dikeluarkan melalui urin atau bahkan keringat.

Nah, bagi bumil yang memiliki riwayat terkena penyakit diabetes, sebaiknya bumil bisa mengatur pola makan serta menghindari minuman dingin yang manis. Hal ini bertujuan agar tidak menaikkan kadar gula yang berada di dalam darah serta menghindari bayi lahir dengan bobot yang besar. Maka dari itu, penting untuk ibu hamil selalu mengontrol kadar gula darah selama masa kehamilan, bahkan setelah bayi lahir bumil juga tetap harus memastikan kalau kadar gula darah bayi masih dalam keadaan yang stabil dan tidak terlalu rendah atau bahkan tidak telalu tinggi.

Jadi, ketika Anda tengah hamil dan doyan minum es dingin, maka tidak akan berefek terhadap berat badan janin yang ada di dalam kandungan. Justru yang harus Anda hindari yaitu mengkonsumsi minuman dingin yang manis.

Related Posts

Share This