Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan Asam dan Pedas?

Kebanyakan ibu hamil lebih menyukai makanan pedas dan asam pada tahap awal kehamilan. Alasan mereka mengkonsumsi makanan tersebut adalah untuk mengatasi gejala mual dan muntah. Makanan yang mengandung asam dan pedas tentunya bisa meredakan gejala tersebut, namun apakah jenis makanan tersebut berpengaruh pada kehamilan?

Pada dasarnya mengkonsumsi makanan asam untuk ibu hamil bukanlah sebuah permasalahan jika dikonsumi dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Dalam hal ini Anda harus mengetahui batas wajar dari kemampuan tubuh untuk mengkonsumsi makanan tersebut sehingga tidak akan mengganggu proses kehamilan.

Makan makanan pedas dan asam pada awal kehamilan memang terasa sangat menyegarkan dan bisa mengatasi keluhan mual dan muntah. Akan tetapi jika makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan ibu hamil terkena diare ataupun penyakit maag.

Mengkonsumsi makanan asam dan pedas pada awal kehamilan memang menjadi fenomena yang lumrah dikalangan masyarakat kita. Cara ini dilakukan tidak lain sebagai upaya untuk mengatasi keluhan mual dan muntah.

Keinginan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan asam dan pedas merupakan alasan seperti yang disebutkan diatas. Hal tersebut diperbolehkan untuk dilakukan oleh ibu hamil dengan catatan tidak akan menyebabkan bahaya terhadap perkembangan janin.

Ibu hamil harus bisa membetasi dan mengontrol diri untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Pada intinya jangan terlalu sering dan harus mengetahui batas wajar. Konsumsilah secukupnya dan jangan terlalu mengikuti kemauan.

Banyak wanita yang sudah akrab dengan makanan pedas dan asam dari semenjak sebelum menjalani masa kehamilan. Namun pada saat hamil sebaiknya Anda menurunkan level pedas dari makanan yang dikonsumsi. Karena bagaimana pun makanan yang Anda konsumsi sehari-hari akan diserap janin dan bisa mempengaruhi kesehatannya.

Mengkonsumsi makanan asam dan pedas terlalu berlebihan sangat beresiko menyebabkan iritasi pada usus dan mengganggu kesehatan pencernaan. Jika hal tersebut terjadi maka akan membahayakan asupan nutrisi untuk janin.

Makanan pedas dan asam memang tidak dilarang, namun supaya lebih aman, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, dalam mengkonsumsi makanan tersebut sebaiknya diimbangi dengan asupan cairan supaya zat asam dan pedas dari makanan segera larut.

Pada masa kehamilan. alangkah lebih baiknya jika membatasi atau menjauhi makanan yang terlalu pedas demi terciptanya kehamilan sehat. Konsumsilah makanan bergizi untuk menunjang kesehatan janin dan diri Anda sendiri.

Secara umum, kesimpulan dari semuanya bahwa makanan asam dan pedas pada waktu hamil tidak dilarang selama dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Selama tidak merugikan sah-sah saja. Namun Anda harus bisa mengontrolnya. Selain itu jika Anda merasa was-was sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517