Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Inilah Tips Puasa Untuk Ibu Hamil

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Namun seringkali muncul pertanyaan bolehkah ibu hamil berpuasa? Jawaban dari pertanyaan tersebut memang mengacu pada kondisi kesehatan dari ibu hamil, usia kehamilan dan juga riwayat kondisi kehamilan. Dari hasil riset menemukan bahwa ibu hamil yang menjalankan puasa sangat berisiko terhadap berat badan janin yang rendah. Disamping itu juga bahwa puasa dikaitkan dengan kemungkinan adanya gangguan belajar pada anak yang bisa terjadi pada waktu dewasa.

Menjalankan ibadah puasa bisa dikatakan aman bagi ibu hamil dan janin jika dijalankan dalam kondisi tubuh yang sehat. Disamping itu tidak adanya masalah pada kehamilan menjadi salah satu hal yang sangat penting jika ingin menjalani puasa selama bulan Ramadhan. Nah, bagi Bunda yang ingin menjalankan ibadah puasa sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi kehamilan dan lakukan cek kondisi kesehatan kehamilan.

Kontrol kehamilan sebaiknya lebih sering dilakukan pada saat menjalani puasa. Hal ini untuk menghindari ketidakmungkinan yang bisa saja terjadi pada kehamilan. Perlu diingat bahwa wanita hamil yang menderita diabetes sebaiknya tidak menjalankan ibadah puasa. Mengapa demikian? Hal ini karena sangat berisiko terhadap kesehatan tumbuh kembang janin dan juga kesehatan ibu hamil, bahkan sangat berisiko terhadap kelahiran premature.

Tips Puasa Untuk Ibu Hamil

Dalam menjalankan puasa selama masa kehamilan tentunya banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari aspek kesehatan tubuh ibu hamil, kesehatan janin, kondisi tumbuh kembang janin, asupan makanan dan juga kebutuhan cairan tubuh selama hamil. Jangan menyepelekan aspek-aspek tersebut jika tidak ingin mengalami risiko kehamilan.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Salah satu tips untuk ibu hamil yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh dengan cara minum air putih yang cukup pada waktu sahur dan berbuka puasa. Kekurangan cairan bisa sangat berdampak terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Gangguan pertumbuhan pada janin bisa saja terjadi akibat kekurangan cairan. Bahkan sangat berisiko janin lemah dan terganggu.

  1. Konsumsi Makanan Dengan Gizi Seimbang Saat Sahur dan Berbuka

Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi pada waktu sahur dan berbuka. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum dan biji-bijian, sayuran, buah-buahan sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Kandungan nutrisi dan serat dari makanan tersebut sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

  1. Perhatikan Waktu Istirahat

Jika ingin menjalankan ibadah puasa pada waktu hamil sebaiknya terapkan waktu istirahat yang cukup. Kelelahan bisa sangat berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh ibu hamil sehingga hal ini berisiko terhadap janin didalam kandungan. Sebaiknya ibu hamil jangan beraktivitas yang berlebihan pada waktu hamil dan perbanyak waktu untuk beristirahat guna menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan janin.

Tips Konsumsi Makanan Selama Hamil

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat komplek untuk ibu hamil. Salah satu contohnya seperti biji-bijian, gandum dan makanan dengan serat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran. Konsumsi juga makanan seperti daging tanpa lemak, telur, kacangan-kacangan dan lainnya yang mengandung nutrisi tinggi.

Hindari Jenis Makanan Yang Terlalu Manis

Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu manis. Jangan perbanyak makanan yang mengandung gula karena bisa sangat berisiko terhadap kesehatan dan juga tumbuh kembang janin. Sebagai pengganti makanan manis sebaiknya konsumsi makanan seperti camilan sehat buah-buahan atau biji-bijian.

Hindari Makanan Cepat Saji

Jangan mengkonsumsi makanan cepat saji selama menjalankan ibadah puasa dalam keadaan hamil. Jangan hanya karena malas masak, bunda jadi mengutamakan makanan cepat saji. Sebaiknya konsumsi makanan yang sehat dan jika memungkinkan diproses sendiri. Hal ini untuk menjaga higienitas dan juga kandungan gizi dari setiap makanan yang dikonsumsi selama menjalani masa kehamilan.

Demikian sedikit tips puasa untuk ibu hamil yang aman dan tidak berisiko terhadap janin. Selalu ingat untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa. Selain itu, selalu sempatkan waktu untuk rutin memeriksakan kondisi kehamilan pada dokter. Semoga ibadah puasa yang Bunda jalankan bisa membawa berkah.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517