Berikut Tanda Hamil 3 Minggu Yang Bisa Anda Kenali

Memasuki usia hamil 3 minggu, Anda sudah bisa mengenali tanda-tanda perkembangan embrio dengan jelas. Pada usia ini Anda sudah bisa memastikan bahwa Anda sedang emnjalani kehamilan. Walaupun pada minggu pertama hingga keempat adalah proses pematangan ovum, namun adanya kehamilan sudah bisa Anda ketahui.

Minggu kedua merupakan waktu untuk mempersiapkan ovulasi, sedangkan memasuki minggu ketiga adalah proses terjadinya ovulasi. Nah, proses tersebut merupakan salah satu persiapan sebelum akhirnya menuju ke ovarium dan uterus. Bahkan pada minggu ini adalah minggu terakhir Anda mengetahui siklus menstruasi.

Pada minggu ketiga merupakan proses ovulasi sehingga akan terjadi peningkatan hormone estrogen. Ketika ovulasi sedang berlangsung maka Anda akan merasakan kenaikan suhu tubuh secara drastic di pagi hari saat bangun tidur.

Tanda hamil 3 minggu tidak berbeda jauh dengan gejala-gejala yang dialami pada minggu sebelumnya. Hal ini karena pada periode 1-4 minggu merupakan proses pembentukan embrio dan pelekatan pada rahim. Adapun gejala yang biasanya timbul pada ibu hamil meliputi sebagai berikut.

  1. Merasa Lelah

Pada periode awal kehamilan memang cenderung akan merasakan gejala yang tidak biasa seperti mudah lelah. Kondisi fisik akan sedikit menurun dengan kehadiran bakal janin di dalam rahim. Perasaan lelah yang mendera ibu hamil disebabkan oleh adanya pengaruh hormone kehamilan.

  1. Pendarahan

Pendarahan juga masih akan terjadi pada minggu ketiga kehamilan. Pendarahan terjadi akibat proses pelekatan embrio pada dinding rahim. Anda tidak perlu khawatir karena proses ini terbilang normal. Pastikan pendarahan yang Anda derita masih terbilang normal dan tidak menunjukan tanda-tanda adanya penyakit.

  1. Buang Air Kecil Lebih Sering

Jika pada minggu pertama dan kedua terjadi peningkatan intensitas buang air kecil, maka begitu pula memasuki minggu ketiga. Pada periode ini terjadi perkembangan embrio sehingga akan memberikan pengaruh terhadap kandung kemih. Akibatnya gejala ingin buang air kecil semakin meningkat.

  1. Suasana Hati Tak Menentu

Tanda tanda hamil 3 minggu selanjutnya yaitu perubahan suasana hati atau mood yang tidak menentu. Kondisi ini terjadi akibat dari perubahan hormone kehamilan. Ibu hamil akan merasakan gejala yang hampir mirip dengan PMS, salah satunya menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung sehingga terpancing untuk marah.

  1. Perubahan Fisik

Selanjutnya yang jelas terlihat adalah perubahan pada bentuk fisik. Memasuki usia 3 minggu maka terjadi perubahan pada payudara yang membesar dan lebih sensitif. Perubahan pada payudara merupakan proses adaptasi dalam upaya untuk mempersiapkan ASI bagi bayi.

Tanda-tanda tersebut tentunya lebih mudah untuk dikenali. Hanya saja terkadang sebagian wanita tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami kehamilan. Mengenali tanda tanda hamil 3 minggu tentunya sangat berguna untuk menjaga kehamilan yang lebih sehat.

Jika Anda sudah mengetahui tanda-tanda awal maka sebaiknya memperhatikan asupan nutrisi dan perbanyak istirahat. PAda tahap awal kehamilan sebaiknya jangan banyak bergerak dan beraktivitas karena beresiko terhadap kesehatan yang bisa berdampak terhadap perkembangan janin didalam rahim.

Untuk memastikan proses kehamilan yang sehat sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan secara teratur. Hal ini bertujuan untuk memantau kesehatan janin di setiap tahapnya. Selain itu tindakan ini juga diharapkan bisa mencegah terjadinya resiko berbahaya terhadap kehamilan.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat pada awal kehamilan untuk menunjang tumbuh kembang janin yang lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This