Berikut Gejala Serangan Jantung Yang Perlu Anda Waspadai di Usia Muda

Gejala serangan jantung terkadang tidak disadari oleh sebagian orang sehingga akhirnya berakibat fatal. Seperti yang kita ketahui bahwa serangan jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang paling berbahaya dan mematikan.

Serangan jantung bisa menyerang siapapun dan kapanpun. Tidak hanya orangtua, anak-anak dan remaja juga bisa terkena penyakit tersebut tanpa disadari. Lalu apa saja gejala serangan jantung yang bisa dikenali?

Kebanyakan orang mungkin belum mengetahui gejala serangan jantung sehingga banyak yang tidak menyadarinya. Dalam upaya untuk mencegah kondisi yang lebih parah maka sebaiknya kita mempelajari dan memahami gejala tersebut serta resikonya.

Inilah Beberapa Gejala Serangan Jantung

Gangguan Pencernaan dan Mual

Salah satu gejala serangan jantung di usia muda yang timbul yaitu sering mengalami gangguan pencernaan, mulas dan mual. Menurut pakar kesehatan mengungkapkan bahwa mual yang dibarengi muntah menjadi salah satu risiko serangan jantung. Kondisi gangguan pencernaan ini terjadi ketika sebenarnya tidak ada yang salah dengan apa yang Anda makan.

Nyeri di Sekitar Dada

Gejala yang paling umum yaitu nyeri di bagian dada. Gejala ini merupakan gejala utama yang perlu diwaspadai. Tidak hanya nyeri, tetapi Anda juga seringkali merasakan ketidaknyamanan pada bagian dada seperti sesak dan merasa tertekan. Segera periksakan ke dokter.

Pusing

Pada dasarnya pusing dipicu oleh beberapa penyebab seperti tekanan darah rendah, dehidrasi maupun telat makan. Namun jika Anda merasakan pusing secara tiba-tiba tanpa penyebab maka waspadalah karena bisa jadi kondisi tersebut adalah salah satu dari gejala serangan jantung.

Bagian Tubuh Sebelah Kiri Terasa Nyeri

Selanjutnya gejala yang perlu diwaspadai adalah nyeri lengan atau bagian tubuh sebelah kiri. Bahkan nyeri tersebut biasanya dibarengai dengan gejala asam urat. Pada kebanyakan kasus penderita penyakit jantung sering mengeluhkan gejala tersebut.

Sakit Tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan biasanya faktor makanan seperti gorengan yang berminyak atau bisa juga faktor radang tenggorokan. Tetapi jika sakit tenggorokan disertai dengan nyeri dan sesak di dada, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda serangan jantung yang berbahaya.

Mendengkur

Apakah kamu tidur sambil mendengkur? Kondisi ini mungkin dianggap sebagai hal yang biasa saja dan wajar-wajar saja. Namun tahukah Anda jika kebiasaan tidur dengan dengkuran ternyata merupakan salah satu gejala serangan jantung. Oleh karena itu, periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Lelah Berlebihan

Lelah berlebihan biasanya merupakan salah satu gejala dari penyakit mematikan. Terlebih lagi jika kondisi lelah tersebut dialami tanpa melakukan aktivitas yang berat. Anda perlu mewaspadainya, bukan hanya orangtua, namun remaja dan anak-anak juga bisa mengalami hal ini.

Keringat Dingin Berlebih

Pada kebanyakan penderita penyakit jantung biasanya mengalami gejala keringat dingin yang berlebihan tanpa penyebab yang jelas. Biasanya keringat tersebut keluar salah satunya di bagian telapak tangan.

Bengkak Pada Kaki

Tanda selanjutnya yaitu bengkak pada kaki akibat jantung tidak bisa memompa darah secara normal ke seluruh bagian tubuh. Jika Anda mengalami gejala ini sebaiknya segera untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Batuk Berkepanjangan

Tidak hanya gejala TBC atau Bronkitis, batuk berkepanjangan juga menjadi bagian dari resiko serangan jantung. Terlebih lagi jika batuk tersebut disertai oleh noda dan lendir. Maka perlu diwaspadai.

Demikian beberapa gejala serangan jantung secara umum yang perlu diwaspadai oleh semua kalangan baik itu anak muda maupun orangtua. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This