Berikut Ciri Hamil 1 Minggu Secara Medis dan Non Fisik

Seringkali banyak wanita yang mengalami kebingungan mengenai kehamilan pada minggu pertama. Kehamilan bisa dideteksi dengan gejala-gejala yang timbul pada minggu pertama. Ciri hamil 1 minggu bisa dideteksi melalu perubahan ciri fisik dan non fisik.

Adanya perubahan hormone pada wanita hamil menyebabkan berbagai gejala seperti mual, muntah, perubahan payudara dan beberapa perubahan non fisik lainnya. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, berikut ini penulis akan memberikan ulasan mengenai ciri wanita hamil 1 minggu secara medis dan perubahan non fisik.

Inilah Ciri Ciri Hamil Muda Usia 1 Minggu Secara Medis dan Non Fisik

  • Penciuman Lebih Sensitif

Salah satu ciri ciri hamil muda usia 1 minggu yaitu penciuman cenderung lebih sensitif. Wanita hamil biasanya tidak menyukai wangi-wangian tertentu, asap rokok dan bahkan sensitif terhadap bau rempah seperti bawang putih.

Namun biasanya ciri-ciri ini tiak semua wanita mengalaminya. Justru ada sebagian wanita yang menyukai bau-bau tertentu.

  • Gejala Ngidam

Istilah ngidam nampaknya sudah menjadi hal yang lumrah untuk ibu hamil pada usia kehamilan awal. Kebanyakan wanita biasanya menginginkan sesuatu seperti makanan tertentu. Bahkan sebagian wanita ada yang mengalami gejala ngidam yang terbilang cukup aneh.

Kondisi ini normal terjadi pada ibu hamil dan merupakan ciri wanita hamil 1 minggu. Biasanya gejala ngidam terjadi pada trimester awal, meskipun tidak menutup kemungkinan akan berlangsung hingga tahap kehamilan akhir.

  • Gelisah

Wanita hamil 1 minggu memiliki kekhawatiran yang berlebih atau gelisah. Bahkan bagi wanita yang baru pertama kali menjalani kehamilan cenderung berpotensi stres. Meskipun kondisi ini terbilang cukup normal, namun harus segera diatasi supaya tidak mempengaruhi tumbuh kembangn janin didalam kandungan.

  • Moody

Akibat adanya perubahan hormone maka perasaan ibu hamil cenderung berubah-ubah atau moody. Ibu hamil terkadang bahagia dan bisa juga tiba-tiba menjadi sedih. Disisi lain beberapa wanita hamil lebih cenderung sensitif dan marah-marah atau gampang tersinggung.

Bahkan pada usia kehamilan 1 minggu tersebut ibu hamil lebih mudah mengantuk dan lelah. Dalam hal ini sebaiknya lebih memperhatikan waktu istirahat dan memperbanyak asupan makanan yang bergizi untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit dan prima.

Ciri Ciri Hamil 1 Minggu Secara Medis
  • Menggunakan USG

Untuk mengetahui kehamilan 1 minggu menurut medis biasanya dilakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan ini bisa dengan mudah mendeteksi adanya kehamilan dan perkembangan janin. Dengan begitu maka ibu hamil bisa dengan pasti mengetahui tumbuh kembang janin.

  • Tes Urin Menggunakan TestPack

Dalam memastika kehamilan secara medis maka bisa menggunakan metode tes urin dengan alat berupa terstpack. Alat ini banyak dijual di apotik dengan beragam bentuk dan akurasi. Tes urin terbukti cukup akurat untuk mendeteksi kehamilan pada minggu pertama.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat maka sebaiknya tes urin dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur. Urin pertama pada pagi hari masih murni sehingga kadar hormone kehamilan bisa lebih mudah terdeteksi. Jika hasilnya positif hamil maka testpack akan menunjukan 2 garis dan jika negatif maka yang muncul hanya 1 garis.

Demikian ciri hamil 1 minggu secara medis dan non fisik. Semoga ulasan ini menjadi panduan dan referensi yang bermanfaat bagi Anda yang masih kebingungan dengan ciri kehamilan minggu pertama. Salam sehat.

Related Posts

Share This