Berikut Ciri Ciri Anak Cerdas Yang Harus Anda Ketahui

Semua orangtua pastinya mengharapkan seorang anak yang cerdas dan memiliki prestasi akademik yang bagus. Tidak mengherankan jika banyak orangtua yang melakukan berbagai upaya supaya memiliki anak yang cerdas. Pada dasarnya kecerdasan anak dimulai sejak dalam kandungan. Bagaimana bisa? Hal ini karena proses pembentukan otak dan kecerdasan sangat ditentukan sejak dalam kandungan melalui gaya hidup dan asupan nutrisi dari sang Bunda.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk membentuk anak yang cerdas harus dimulai sejak dalam kandungan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Makanan menjadi salah satu faktor pembentuk kecerdasan pada anak.

Pada umumnya kecerdasan anak akan terlihat ketika memasuki usia sekolah. Namun tahukah Anda jika kecerdasan anak bisa dikenali sejak dini melalui tanda-tanda yang ditunjukan oleh  anak. Apa saja ciri ciri anak cerdas? Berikut Penjelasannya.

Aktif

Salah satu ciri anak cerdas yaitu sangat aktif. Perlu Anda ketahui bahwa anak yang aktif memberikan focus perhatian yang baik, menyukai kegiatan yang membutuhkan gerakan fisik dan lebih sabar. Nah, sifat aktif ini akan mendorong anak untuk melakukan berbagai hal yang bermanfaat.

Anak yang aktif tidak hanya dikategorikan sebagai anak yang sehat, namun juga tergolong sebagai anak yang cerdas.

Daya Ingat Kuat

Memiliki daya ingat yang kuat terhadap hal-hal yang bermanfaat merupakan ciri anak cerdas yang selanjutnya. Dengan daya ingat yang kuat maka si kecil akan lebih mudah dalam mengingat pelajaran di sekolah. Disamping itu, daya ingat yang kuat akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Konsentrasi

Kebanyakan anak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi atau focus terhadap suatu hal. Namun berbeda dengan anak yang cerdas. Dia bisa berkonsentrasi secara intens untuk menyelesaikan hal-hal yang bermanfaat.

Memiliki Ketertarikan Terhadap Banyak Hal

Ciri selanjutnya yaitu memiliki ketertarikan akan banyak hal yang bermanfaat. Nah, ketertarikan tersebut memunculkan rasa ingin tahu lebih tinggi untuk mengeksplor hal tersebut. Senantiasa mereka akan selalu bertanya dan mencari tahu akan banyak hal yang diminatinya tersebut. Rasa ingin tahu yang tinggi menjadi salah satu hal yang merujuk pada kinerja otak yang baik sehingga memunculkan pengetahuan yang baik.

Imajinasi

Anak yang cerdas biasanya akan memiliki daya imajinasi yang tinggi. Contohnya saja dengan menirukan hal-hal yang ada disekitarnya seperti burung. Nah, sambil berimajinasi maka secara tidak langsung akan menuangkannya dalam bentuk tulisan atau gambar.

Kemampuan Membaca Lebih Awal

Anak cerdas memiliki rasa ingin tahi sehingga dalam hal ini Anda bisa mulai memperkenalkannya terhadap sesuatu yang bermanfaat seperti membaca dan menulis. Secara alami rasa penasaran pada anak bisa memunculkan hal-hal yang bermanfaat jika Anda bisa mengarahkannya.

Demikian sekilas tentang beberapa ciri anak cerdas yang perlu Anda ketahui. Untuk meningkatkan kecerdasan anak maka berikan asupan makanan yang bergizi sesuai dengan tahapan usianya. Selain itu, ajarkan anak Anda berbagai hal yang bermanfaat sejak dini.

Faktor keluarga dan lingkungan sekolah menjadi dua hal yang akan mendukung tingkat kecerdasan anak. Jika Anda bisa memadukan dan menyeimbangkan keduanya maka bukan tidak mungkin akan melahirkan pribadi-pribadi anak yang sehat dan cerdas di masa depan.

Seimbangkan antara pendidikan formal dan non formal. Jangan hanya memfokuskan hanya pada satu sisi saja. Selain itu, biarkan anak untuk bereksplorasi sesuai dengan tahap usianya. Namun tentunya dalam pantauan Anda. Hal ini berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517