Berikut Cara Mempercepat Pembukaan Pada Proses Persalinan

Memasuki tahap akhir dari kehamilan atau trimester ketiga, mungkin Anda sudah merasa tidak sabra untuk menggendong si kecil yang menggemaskan. Pada tahapan akhir ini pastinya Anda sudah bisa memprediksi atau memperkirakan hari kelahiran bayi. Hari perkiraan lahir atau sering disebut dengan istilah HPL bisa diperoleh dari hasil pemeriksaan medis atau penghitungan manual.

Dari hari perkiraan lahir yang dinanti-nanti ternyata proses tersebut belum kunjung terjadi juga. Kini HPL pun sudah berlalu berhari-hari dari prediksi. Nampaknya si kecil masih nyaman didalam kandungan Bunda. Di satu sisi mungkin Anda merasa khawatir dengan adanya kelainan pada kehamilan Anda.

Dalam hal ini pastinya dokter akan memberi batas waktu dari keterlambatan proses persalinan pada kehamilan Anda. Setelah Anda mengikuti saran dan anjuran dari dokter, nampaknya si kecil belum juga terlahir. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Jika kandungan dalam keadaan normal maka Anda tidak perlu khawatir. Biasanya dokter akan memberi sarana supaya pembukaan bisa segera terjadi. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat pembukaan pada proses persalinan.

Meditasi

Cara mempercepat pembukaan pada proses persalinan yang pertama yaitu dengan metode meditasi. Cara ini dinilai sangat efektif untuk sebuah treatment dan menstimulus kontraksi pada kehamilan. Hal ini karena meditasi bisa membuat tubuh lebih rileks.

Usahakan Anda berada di sebuah ruangan atau di teras rumah yang tenang dan tidak ada gangguan. Hilangkan semua ketegangan yang mengganggu pikiran Anda. Hilangkan semua beban pikiran dan stress yang mengganggu Anda.

Jikalau tidak menyebabkan kontraksi maka teknik ini sangat membantu Anda untuk merasa lebih baik dan lebih siap menghadapi proses persalinan.

Teknik Akupresur

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menstimulus kontraksi atau mempercepat pembukaan yaitu dengan teknik akupresur. Perlu Anda ketahui bahwa di tubuh manusia terdapat dua titik yang bisa merangsang proses persalinan atau kontraksi.

Titik yang pertama yaitu terletak dibagian ibu jari dan jari telunjuk dan lebarnya sekitar 4 jari. Selain itu, ada titik pada bagian kulit diantara ibu jari – jari telunjuk. Nah, untuk mengaktifkan titik-titik tersebut maka harus dilakukan dengan ahli akupresur yaitu dengan mengusap betis ataupun menjepit dekat ibu jari dalam gerakanmemutar selama kurang lebih 60 detik.

Teknik akupresur untuk merangsang kontraksi dan mempercepat pembukaan tentunya harus dilakukan dengan benar dan tenaga ahli. Jangan sembarangan karena bisa membahayakan kandungan dan terjadinya kontraksi yang berlebihan.

Birthing Balls

Melakukan latihan birthing ball ini bisa merangsang bayi untuk menuju jalan lahir. Nah, dengan demikian maka secara tidak langsung akan merangsang kontraksi dan mempercepat proses pembukaan jalan lahir.

Namun, dalam melakukan latihan ini harus berhati-hati dan dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman di bindangnya. Hal ini untuk menghindari kecelakaan yang bisa membahayakan kandungan Anda.

Nah, itulah beberapa cara mempercepat pembukaan pada proses persalinan yang bisa Anda lakukan. Teknik diatas hanya sebagian kecil dari sekian banyaknya teknik untuk  merangsang pembukaan dalam prosess melahirkan.

Untuk menunjang proses persalinan yang lancar sebaiknya Anda lebih mengutamakan kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi. Disamping itu, selama Anda hamil juga disarankan untuk melakukan latihan rutin untuk menjaga kebugaran tubuh seperti jalan kaki santai setiap pagi ataupun rutin mengikuti senam hamil. Hal ini bisa membantu mempercepat proses pembukaan jika waktunya persalinan sudah tiba.

Related Posts

Share This