Berikan 6 Stimulasi Ini Pada Anak Agar Kecerdasan Otaknya Terus Meningkat

Pada tiga tahun pertama merupakan periode emas pertumbuhan anak. Pada periode tersebut perkembangan otak berlangsung dengan sangat pesat sehingga diperlukan dukungan dari luar berupa asupan nutrisi dan stimulasi. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Perlu Anda ketahui bahwa otak terdiri dari jutaan neuron yang saling berinteraksi satu sama lain. Nah, semakin banyak hubungan neuron yang terbentuk maka si kecil akan semakin cerdas. Pembentukan koneksi antar neuron dipicu oleh berbagai faktor seperti gerakan, suara dan sentuhan.

Dalam mengoptimalkan kecerdasan otak anak banyak hal yang harus Anda perhatikan meliputi asupan makanan yang bernutrisi dan stimulasi. Ada beberapa cara stimulasi yang bisa Anda kterapkan dalam mengoptimalkan perkembangan otak anak yaitub sebagai berikut.

1. Biarkan Anak Untuk Bermain

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengajak anak bermain. Bahkan alangkah lebih baiknya jika mengajak si kecil berinteraksi dengan anak-anak seusianya. Hal ini sangat berguna untuk mengasah kemampuan otak dan juga mengajarkan cara bersosialiasi.

Selain itu, pilihlah mainan dan permainan sesuai dengan usia anak. Jangan membarikan mainan yang diluar jangkauan anak seusianya. Mainan yang tepat anak memberikan stimulasi yang baik untuk perkembangan otaknya.

2. Eksplorasi Alam

Dalam mengoptimalkan tumbuh kembang dan kemampuan otak anak, ajaklah untuk mengekplorasi alam dengan bertamasya kea lam terbuka. Mengajak anak berwisata kea lam terbuka merupakan salah satu cara yang terbilang bagus dalam menunjang perkembangan otaknya. Kenalkan jenis-jenis tanaman dan hewan pada anak.

3. Musik

Musik bisa menjadi salah satu media untuk memberikan stimulasi pada anak. Bahkan stimulasi menggunakan musik bisa dilakukan sejak bayi dalam kandungan. Musik klasik yang diperdengarkan secara teratur akan memberikan pengaruh positif untuk perkembangan otak anak sehingga di masa mendatang menjadi lebih cerdas.

4. Perhatikan Nutrisi

Nutrisi merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan otak anak. Biasakan untuk memberikan sarapan pagi pada anak. Terlebih lagi jika anak sudah menginjak usia sekolah, sarapan sangat penting untuk menjaga konsentrasi anak selama belajar.

5. Pastikan Waktu Istirahat Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas akan mempengaruhi kesehatan anak. Bahkan kualitas tidur sangat menentukan perkembangan otak dan kecerdasan anak. Jangan pernah membuat anak terjaga hingga larut malam karena hal tersebut anak menurunkan kemampuan otaknya. Bahkan waktu istirahat yang tidak cukup akan menurunkan sistem imun anak.

6. Kasih Sayang

Dari sisi mental atau psikis maka disarankan untuk memberikan kasih sayang dan perhatian untuk buah hati. Hal ini berguna untuk membentuk sikap dan kepribadian anak sehingga akan meningkatkan kemampuan dalam berpikirnya.

Itulah beberapa cara stimulasi sederhana untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan kecerdasan otak anak. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This