Berhati-hatilah Dalam Memilih Korset Setelah Melahirkan Caesar

Setelah melangsungkan operasi caesar, banyak diantaranya para ibu yang merasa kalau keadaan perutnya seperti mau melorot. Olah keran itu, tidak sedikit para ibu yang sudah melangsungkan proses persalinan dengan operasi caesar menggunakan korset. Namun satu hal yang harus Anda ketahui, bahwa Anda harus memilih korset yang memiliki bahan sangat halus, agar tidak memperbesar luka operasi Anda.

Hal ini langsung di ungkapkan oleh ┬ádokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dr. Amaranila Lalita Drijono,Sp.KK saat workshop ‘Risiko Setelah Melahirkan’ di RS Bunda, Jakarta.

Beliau mengungkapkan, bahwa banyak diantaranya ibu-ibu yang langsung menggunakan korset setelah mereka melahirkan dengan alasan agar perutnya tidak seperti merorot ke bawah. Dokter atau bahkan para ahli tidak melarang hal tersebut, namun bagi Anda yang melangsungkan proses persalinan dengan cara caesar, penggunaan korset setelah melahirkan caesar akan sangat mengganggu scar atau dalam kata lain mengganggu bekas luka operasi tersebut. Karena bekas luka yang tergesek oleh benda apapu apalagi yang kasar bisa menyebabkan rasa gatal dan luka akan semakin membesar.

Oleh karena itu, ddr Nila memberikan saran agar ibu-ibu yang telah melangsungkan proses persalinan terutama persalinan dengan operasi caesar, jika ingin menggunakan korset setelah melahirkan, maka Anda dianjurkan untuk memilih bahan yang aman dan lembut untuk di gunakan, seperti bahan katun. Mengapa? Karena beberapa bahan lainnya terutama yang memiliki tekstur kasar malah bisa membuat bekas luka Anda semakin membesar. Bahkan di khawatirkan bisa menjadi keloid, yaitu jaringan kulit yang bertambah dan tumbuh di bekas luka anda.

Walaupun keloid ini tidak akan menular, namun hal ini akan sangat mengganggu. Karena bisa menyebabkan rasa gatal secara terus menerus pada bagian bekas luka. Bahkan bekas luka juga keloid yang terus membesar serta melewati garis bisa menyulitkan proses pemulihan.

Oleh karena itu, dr Nila juga menyarankan kepada setiap ibu yang sudah melangsungkan proses persalinan dengan cara caesae, agar bekas luka ibu tetap terjaga dengan aman, maka Anda juga dianjurkan untuk menggunakan celana atau bahkan rok yang memiliki bahan dasar yang aman juga nyaman untuk di gunakan, agar resiko terjadinya keloid tidak terjadi setelah melahirkan.

Bahkan dr Nila juga menganjurkan agar ketika menggunakan celana, jangan tepat menggunakannya di bagian yang ada lukanya. Jika mau, maka Anda bisa menggunakan celana di bagian bawah lua, atau bahkan di atas bagian luka guna menutupi luka Anda.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai penggunaan korset setelah Anda melangsungkan proses persalinan. Sebenernya penggunaan korset ini tidak di larang oleh tim medis guna menjaga keindahan bentuk tubuh juga kesehatan anda. Namun dengan catatan Anda bisa memilih jenis korset yang memiliki bahan yang halus agar bekas luka operasi tidak menjadi besar.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517