Berenang Bagi Ibu Hamil, Inilah Manfaatnya!

Pengaruh hormon kehamilan berdampak terhadap fisik dan mental ibu hamil. Seiring dengan perkembangan janin didalam kandungan, keluhan yang paling umum dirasakan oleh ibu hamil yaitu mudah lelah. Nah, untuk menjaga kebugaran tubuh, tidak ada salahnya apabila ibu hamil aktif bergerak atau berolahraga. Berenang bagi ibu hamil bisa menjadi salah satu pilihan dalam menjaga kebugaran tubuh.

Renang merupakan salah satu olahraga yang paling aman dan minim cedera. Olahraga yang satu ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Manfaat berenang untuk ibu hamil sangatlah banyak. Salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung, memperlancar sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh guna menghadapi proses persalinan.

Manfaat berenang untuk ibu hamil diantaranya yaitu untuk membantu meregangkan otot-otot pada bagian tangan dan kaki. Biasanya seiring dengan perkembangan janin dan kondisi perut yang semakin membesar, ibu hamil sering merasakan kram. Nah, berenang sangat efektif untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

Olahraga renang sangat efektif untuk menjaga berat badan ideal pada ibu hamil. Kelebihan berat badan pada waktu hamil bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya seperti hipertensi atau preeklamsia. Dengan berenang maka akan membantu membakar lemak dan kalori di dalam tubuh sehingga Anda mendapatkan berat badan normal selama hamil.

Manfaat berenang yang selanjutnya yaitu membuat fikiran menjadi lebih fres dan terhindar dari stres. Dengan melakukan olahraga renang maka sangat efektif untuk membuat fikiran Anda rileks dan terhindar dari perasaan stres yang bisa membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan.

Gerakan-gerakan yang dilakukan pada waktu berenang bermanfaat untuk menjaga sirkulasi darah dan kesehatan jantung. Jika dilakukan secara rutin maka berenang sangat efektif bagi ibu hamil sebagai media aerobic air untuk memelihara kesehatan jantung pada waktu hamil.

Baca Juga:  4 Cara Alami Agar Hamil Anak Kembar

Bagi Anda yang mengalami gangguan tidur pada waktu hamil, cobalah untuk melakukan olahraga renang secara rutin dan teratur. Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa ibu hamil yang mempunyai kebiasaan berenang akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Disamping itu, berenang pada waktu hamil bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan. Berenang secara teratur sangat efektif untuk menjaga kesehatan paru-paru ibu hamil. Dengan begitu resiko penyakit asma pada waktu hamil sangat kecil.

Untuk melakukan olehraga renang pada waktu hamil, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya yaitu kebersihan kolam renang, durasi berenang dan gaya berenang. Selain itu, untuk mencegah dehidrasi sebaiknya setiap 15 menit sekali ibu hamil minum satu gelas air matang. Tidak dianjurkan bagi ibu lhamil untuk berenang lebih dari 30 menit karena bisa menyebabkan perubahan suhu yang terlalu ekstrim terhadap kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517