Berbahayakah Munculnya Bintik Putih Pada Kuku?

Bintik putih pada kuku terkadang dikaitkan dengan mitos. Banyak orang yang beranggapan jika munculnya bintik putih pada kuku adalah pertanda ada orang yang suka pada kita. Bahkan sebagian masyarakat menganggap sebaliknya. Pernyataan tersebut tentunya tidak harus sepenuhnya kita percayai. Dalam hal ini sebaiknya kita mengkaji menurut teori ilmiah yang lebih masuk akal.

Munculnya bintik-bintik putih pada kuku terkadang membuat sebagian orang bertanya-tanya mengenai pemicunya. Adanya bintik putih pada kuku mungkin pernah dialami hampir oleh kebanyakan orang. Hal ini tentunya menjadi kekhawatiran adanya sinyal atau tanda dari sebuah penyakit pada tubuh kita. Apakah kenyataanya seperti itu? Mari sama-sama kita kaji lebih dalam mengenai penyebab dan resiko yang mungkin terjadi.

Perlu Anda ketahui bahwa munculnya bintik putih pada kuku bisa menjadi salah satu indikasi yang disebut dengan leukonycia. Kondisi ini sedikit terdengar asing, akan tetapi tidak akan menimbulkan bahaya untuk kesehatan. Lantas apa penyebab dari fenomena tersebut?

Penyebab Munculnya Bintik Putih Pada Kuku

Salah satu penyebab munculnya bintik putih pada kuku yaitu karena adanya trauma ringan pada kuku. Bahkan kondisi tersebut bisa disebabkan karena pertumbuhan kuku sehingga Anda tidak menyadari adanya cedera yang memicu timbulnya bintik putih.

Kondisi tersebut dikaitkan dengan adanya indikasi kekurangan dan kelebihan kalsium serta vitamin. Adapun kemungkinan lain dari munculnya bintik putih di kuku yaitu adanya infeksi ringan akibat alergi atau efek samping dari pengobatan yang Anda jalani. Bahkan bagi Anda yang mengkonsumsi obat-obatan kemungkinan akan mengalami bintik putih pada kuku.

Jika muncul bintik putih pada kuku maka Anda tidak perlu khawatir selagi kondisinya masih dalam batas wajar. Apabila bintik tersebut banyak dan dinilai abnormal maka sebaiknya Anda mewaspadainya. Kondisi tersebut bisa menjadi tanda adanya kelainan yang serius pada tubuh Anda. Salah satu kemungkinan yaitu adanya gejala diabetes dan bahkan anemia. Jika hal ini terjadi maka diperlukan penanganan medis yang benar.

Perlukah ke dokter? Sebenarnya jika bintik tersebut hanya muncul beberapa saja tidak perlu khawatir. Akan tetapi jika kondisinya terlihat aneh dan muncul banyak hampir disemua bagian kuku maka segeralah memeriksakan diri ke dokter. Berkonsultasilah dengan dokter dan minta saran untuk mengatasi fenomena tersebut.

Menjaga kesehatan kuku adalah salah satu hal yang penting dan tidak boleh disepelekan. Untuk menjaga kesehatan kuku salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin, protein, mineral dan tentunya vitamin. Disamping itu konsumsi makanan yang tinggi antioksidan untuk mencegah terjadinya kerusakan dan infeksi pada kuku.

Demikian sekilas ulasan tentang penyebab munculnya bintik putih pada kuku. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517