Berbahayakah Hemangioma Pada Anak?

Hemangioma pada anak merupakan salah satu kelainan dalam pembentukan pembuluh darah yang terjadi pada jaringan tubuh. Pernahkah Anda melihat benjolan merah pada kulit anak yang menyerupai tanda lahir? Nah, itulah yang disebut dengan hemangioma yang dimaksud. Hemangioma tergolong kedalam kelompok tumor jinak.

Meskipun tergolong tumor jinak, namun hemangioma tidak berbentuk benjolan menyerupai tumor pada umumnya. Disamping itu, hemangioma juga bukan merupakan tanda lahir karena bentuknya seperti benjolan. Biasanya lhemangioma timbul setelah beberapa saat bayi lahi atau satu minggu sejak lahir.

Pada dasarnya hemangioma tidak memiliki kecenderungan untuk berkembang menjadi besar. Akan tetapi pada kebanyakan kasus, hemangioma mengalami pertumbuhan bentuk semenjak bayilahir hingga usia 8 bulan. Nah, setelah itu barulah ukurannya akan menetap dan tidak mengalami pembesaran lagi.

Lantas apa tanda-tanda hemangioma tersebut? Pada awal muncul, hemangioma akan terlihat seperti benjolan yang berwarna merah menyerupai tanda lahir. Nah, benjolan tersebut akan semakin terlihat ketika bayi menginjak usia satu minggu hingga empat minggu setelah lahir. Pada beberapa kasus yang terjadi, secara umum ukuran hemangioma yaitu sekitar 1 – 4 cm.

Seiring dengan bertambahnya usia si kecil yaitu 1 -7 tahun maka hemangioma secara perlahan akan menyusut. Bahkan pada usia 10 – 12 bulan hemangioma akan menciut dan kemungkinan bisa hilang. Dalam kasus lain ditemukan bahwa hemangioma akan menghilang ketika si anak menginjak usia 13 tahun.

Sampai saat ini belum secara pasti ditemukan penyebab hemangioma pada anak. Namun ada beberapa hal kemungkinan penyebab hemangioma tersebut yaitu kasus munculnya hemangioma banyak ditemukan pada anak kembar dan lebih sering terjadi pada bayi dibandingkan dengan orang dewasa. Selain itu, kasus tersebut lebih banyak dijumpai di kawasan Asia dan Afrika.

Perlu Anda ketahui bahwa hemangioma bukanlah jenis penyakit yang ganas. Hal ini karena hemangioma bisa hilang dnegan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia anak. akan tetapi meskipun begitu sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi hemangioma tersebut sebab ada beberapa kasus hemangioma yang membutuhkan penanganan khsusus dari medis.

Hemangioma tidak berbahaya namun bisa tumbuh di bagian tubuh manapun sehingga hal ini akan mengganggu keindahan tubuh seseorang. Hemangioma tidak bisa dideteksi sejak dini sejak bayi dalam kandungan. Hal ini karena hemangioma muncul beberapa saat setelah bayi lahir. Jika Anda menemukan kelainan aneh pada kulit bayi maka sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mengetahui gejala yang muncul tersebut.

Nah, demikian selintas tentang penjelasan hemangioma pada anak. Anda tidak perlu terlalu khawatir jika hemangioma terjadi pada si kecil selagi tidak menunjukan kelainan. Hemangioma akan hilang dengan sendirinya dan sebaiknya tidak melakukan tindakan yang bisa menyebabkan hemangioma menjadi infeksi.

 

 

Related Posts

Share This