Berbagai Sumber Nutrisi Agar Anak Cerdas dan Sehat

Memiliki buah hati yang sehat dan cerdas tentunya menjadi dambaan setiap orangtua. Pada dasarnya untuk memiliki anak yang cerdas harus didukung sejak dalam kandungan dengan konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Sumber makanan yang mengandung nutrisi otak agar anak cerdas sebenarnya sangat mudah untuk diperoleh. Nutrisi tersebut bisa berasal dari sumber makanan sederhana yang kaya akan manfaat.

Memberikan asupan makanan yang bergizi merupakan salah satu cara dalam menunjang tumbuh kembang dan kecerdasan seorang anak. Pemberian nutrisi yang tepat akan membantu merangsang kemampuan otak sehingga meningkatkan level kecerdasannya.

Pemiliohan makanan harus dilakukan dengan jeli sewaktu Bunda masih mengandung. Jangan asal-asalan dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Salah-salah ambil alangkah akibatnya akan sangat fatal terhadap tumbuh kembang anak dalam jangka panjang.

Bagi Anda yang saat ini kebingungan dalam memilih sumber nutrisi yang tepat untuk anak, tidak perlu khawatir. Pada kesempatan ini penulis akan mengulas mengenai beberapa poin penting dari nutrisi yang akan menunjang kecerdasan seorang anak. Apa saja jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil?

Berikut Ini Sumber Nutrisi Penting Untuk Kecerdasan Otak Anak

DHA dan ARA

DHA merupakan salah satu bagian dari asam lemak omega-3. Nutrisi tersebut sangat penting dan harus diberikan pada bayi dalam masa tumbuh kembang guna menunjang kecerdasan otaknya. Perlu diketahui bahwa nutrisi tersebut tidak bisa diproduksi didalam tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan.

Selanjutnya untuk ARA adalah rangkaian dari asam lemak omega-6 dan memiliki peranan yang sangat penting seperti halnya DHA. Fungsi dari ARA yaitu untuk menumbuhkan otak serta kemampuan penglihatan. Selain itu juga bisa meningkatkan imunitas tubuh dan membantu pembekuan darah saat terjadi luka.

Air Susu Ibu

Asupan makanan yang sangat penting bagi bayi yang kbaru lahir adalah air susu ibu (ASI). Sumber makanan ini sangat penting kbagi bayi dan menjadi suplemen terbaik untuk membantu menstimulus pembentukan kecerdasan si kecil.

Jangan pernah melewatkan pemberian ASI bagi bayi. Lakukan secara ekslusif selama 6 bulan dan lanjutkan ke tahap selanjutnya selama 2 tahun dengan didukung oleh makanan pendamping ASI (MPASI).

Yodium (Iodine)

Selanjutnya yaitu yodium yang merupakan nutrisi penting dalam menunjang perkembangan otak anak. Nutrisi yang satu ini tidak kalah pentingnya dengan DHA dan ARA. Fungsinya untuk mengatur metabolisme bayi, perkembangan otak bayi dan juga perkembangan tubuhnya.

Protein

Nutrisi yang satu ini tidak boleh terlewatkan untuk si kecil karena memiliki fungsi dalam menstimulus kecerdasan si kecil. Bahkan seperti yang kita ketahui protein adalah bahan baku untuk menunjang perkembangan sel-sel tubuh si kecil.

Bahkan nutrisi ini sangat berguna dalam membantu pembentukan otak dan kecerdasan si kecil. Maka dari itu, pastikan kebutuhan nutrisi si kecil tercukupi dengan asupan makanan yang bergizi setiap harinya.

Zat Besi (Iron)

Iron merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam membantu pembentukan haemoglobin dalam darah. Jangan sampai si kecil kekkurangan nutrisi yang satu ini karena akibatnya bisa sangat fatal.

Kekurangan iron bisa menyebabkan pasokan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh terhambat sehingga mempengaruhi kecerdasan dan tumbuh kemmbang si kecil. Kondisi yang mengerikan akibat kekurangan nutrisi ini yaitu berupa masalah motorik pada anak dan keterbelakangan mental. Oleh karena itu sedianya Anda memperhatikan kebutuhan zat besi dengan konsumsi makanan bergizi selama hamil dan masa menyusui.

Related Posts

Share This