Berbagai Macam Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Air adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam menunjang kelangsungan makhluk hidup. Manusia membutuhkan air untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, memasak dan minum. Air dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme. Disamping itu air juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Namun terkadang banyak orang yang tidak mengetahui ataupun menyadari manfaat minum air hangat untuk kesehatan.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi air putih kurang lebih 8 gelas setiap harinya. Selain air putih biasa, ternyata air hangat memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Namun banyak orang yang tidak mengetahui manfaat tersebut sehingga mengabaikannya. Manfaat minum air hangat di pagi hari salah satunya yaitu untuk menurunkan berat badan yang berlebih.

Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari Bagi Kesehatan

  • Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Salah satu manfaat air hangat bagi kesehatan yaitu membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Mengkonsumsi air hangat secara rutin setiap pagi akan membuat kondisi tubuh Anda selalu fit. Hal ini karena ketika kita minum air hangat maka suhu tubuh akan meningkat dan mengeluarkan keringat. Nah, keringat tersebut akan membersihkan dan melepaskan racun dari dalam tubuh.

  • Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan berat badan berlebih, minum air hangat setiap pagi bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasi hal tersebut. Air hangat melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya penumpukan lemak.

  • Memperlancar sistem pencernaan

Minum air hangat setiap pagi akan membantu mengurangi penumpukan lemak pada usus yang bisa mengakibatkan kanker usus. Air hangat akan membantu mengeraskan lemak yang terkandung pada makanan sehingga tidak akan menempel pada usus. Selain itu, air hangat juga akan mengeluarkan lemak-lemak yang menempel pada usus.

  • Obat flu dan filek

Ketika Anda menderita penyakit ringan seperti flu ataupun pilek, air hangat bisa menjadi solusi untuk meredakan keluhan tersebut. Dengan minum air hangat pada pagi hari maka akan membantu melegakan hidung tersumbat karena air hangat akan memberi efek mengencerkan dahak atau lendir yang emnyumbat saluran pernapasan.

  • Mengatasi kram pada waktu menstruasi

Bagi wanita yang sering mengalami keluhan pada waktu menstruasi disarankan untuk minum air hangat di pagi hari. Air hangat akan membantu menenangkan otot-otot pada bagian perut sehingga meredakan kram.

  • Membantu gerak peristaltic usus

Minum air hangat secara rutin setiap pagi akan membantu gerakan usus sehingga mencegah penyakit pada sistem pencernaan seperti sembelit. Disarankan untuk rutin mengkonsumsi air hangat di pagi hari ketika perut masih kosong karena bermanfaat untuk menguraikan sisa-sisa makanan pada usus. Dengan begitu sistem pencernaan Anda lancar dan terhindar dari keluhan seputar buang air besar.

Related Posts

Share This