Beras Merah: Inilah Manfaatnya Bagi Kesehatan

Beras merah merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung karbohidrat. Berbeda dengan beras pada umumnya, beras merah memiliki kandungan kerbohidrat kompleks yang lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurukan berat badan, beras merah sangat dianjurkan. Hal ini karena kalori dari beras merah lebih mudah untuk dicerna dan diproses tubuh sehingga lebih cepat menjadi energi dan tidak mengendap di dalam tubuh.

Khasiat beras untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Perlu Anda ketahui bahwa beras merah mengandung beberapa zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti magnesium, kalium, posfor, selenium, mangan, vitamin B, vitamin A, serat dan minyak esensial.

Pengolahan beras merah juga ikut mempengaruhi kandungan gizinya. Jika beras tersebut dihasilkan dari proses penggilingan modern maka kemungkinan kandungan gizinya berkurang. Berbeda halnya jika beras tersebut ditumbuk dengan cara tradisional.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat beras merah yaitu membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bagi Anda yang sedang menerapkan program diet, beras merah bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki kandungan serat 6 kali lebih banyak bila dibandingakn dengan beras putih. Manfaatnya yaitu untuk mencegah kolesterol, mengendalikan kadar gula darah, mencegah kanker dan melancarkan pencernaan.

  1. Bisa membuat kenyang lebih lama

Berbeda halnya dengan beras putih, kandungan karbohidrat kompleks pada beras merah sangat berguna bagi Anda yang sedang menerapkan program diet. Hal ini karena karbohidrat komplek bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mencegah keinginan Anda untuk makan terus.

  1. Memproduksi sel-sel DNA

Manfaat beras merah yang selanjutnya yaitu untuk memproduksi sel-sel DNA. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang menjalani masa kehamilan. Konsumsi beras merah untuk membantu mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Beras merah mengandung beberapa mineral penting seperti zat besi dan zinc. Manfaatnya yaitu untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu proses pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi beras merah secara rutin dan teratur maka berguna untuk mencegah penyakit anemia dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Nah, demikian penjelasan singkat mengenai manfaat beras merah untuk kesehatan. Secara umum kalori beras merah sangat rendah sehingga cocok bagi Anda yang sedang diet. Disamping itu, beras merah juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk memperoleh manfaat beras merah, pilihlah beras merah yang ditumbuk bukan digiling dengan proses modern. Pengolahan sangat menentukan kandunagn gizi pada beras merah. Semoga penjelasan dan informasi yang penulis sajikan bermanfaat bagi Anda!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517