Berapakah Dosis yang Tepat Pemberian Vitamin C Untuk Anak?

Halo bunda! Kali ini kami akan membahas uraian terkait pemberian vitamin C untuk anak. Mungkin diantara bunda semua ada yang terus bertanya-tanya, apakah si kecil boleh mengkonsumsi vitamin C setiap harinya? Dan jika demikian, apakah ada pengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh si kecil jika kita memberikan dosis yang berlebihan? Lantas, berapa dosis yang tepat untuk memberikan vitamin C untuk anak?

Perlu bunda ketahui, bahwa pemberian vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh baik orang dewasa ataupun anak-anak. Hal ini bertujuan agar jaringan tubuh bisa menjadi lebih baik lagi. Dan pemberian vitamin untuk anak sebaiknya bisa bunda perhatikan lebih baik lagi, agar kondisi tubuh si kecil bisa tetap terjaga dengan baik.

Penting juga untuk bunda ketahui, bahwa penggunaan vitamin oleh tubuh hanyalah sedikit, oleh karena itu pemberian vitamin untuk anak juga dianjurkan untuk tidak berlebihan. Kebutuhan vitamin c per hari yang dibutuhkan oleh orang dewasa ataupun anak-anak hanyalah berkisar antara 75-100 mg, dan untuk dosis maksimal yang memang masih bisa ditoleransi jika mendesak yaitu sekitar 500 mg. Dan jika vitamin tersebut diberikan secara berlebihan, bukan hanya mubazi, namun juga bisa menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh si kecil.

Dan sebaiknya kebutuhan vitamin C yang diperuntukkan anak-anak apalagi bayi tidaklah berleihan, dan berikan sesuai standar saja bunda. Mengapa? Karena diantaranya ada beberapa jenis makanan yang memang telah memiliki kandungan vitamin, salah satunya vitamin C yang memang telah mencukupi kebutuhan si kecil, misalkan sayuran juga buah-buhan.

Berdasarkan Food and Nutrition Board dan National Academy of Sciences-National Research Council, dosis pemberian vitamin C yang dianjurkan untuk anak-anak usia 5 tahun yaitu hanya sebesar 45 mg setiap harinya, tidak lebih.

Pemberian vitamin C yang berlebihan jika tidak terpakai oleh tubuh nantinya akan di proses di bagian ginjal dan setelah itu akan terbuang dengan sia-sia melalui air seni. Sehingga, jika si kecil mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan, maka air seni yang akan dikeluarkan si kecil akan berwarna kuning.

Satu hal yang harus bunda ingat dan pahami, bahwa pemberian vitamin C yang berlebihan pada si kecil bisa menimbulkan risiko batu ginjal. Mengapa? Karena pemberian vitamin C yang berlebihan akan langsung berikatan dengan oksalat, sehingga nantinya bisa terbentuk batu oksalat di bagian ginjal si kecil. Maka dari itu bunda harus lebih berhati-hati lagi dalam memberikan asupan makanan juga vitamin kepada si kecil, pemberian vitamin C memang perlu untuk si kecil, namun pemberian vitamin itu janganlah berlebihan. Karena apapun jenisnya, yang berlebihan itu tidaklah baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517