Berapa Takaran Tepat Pemberian Susu Formula Untuk Bayi?

Sebagian besar orangtua akan membuatkan susu formula untuk bayi ketika si kecil memintanya saja. Namun ada sebagian lain yang justru memilih untuk membuatkannya terlebih dahulu dan menyimpannya di lemari pendingin. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mereka tidak kerepotan untuk membuat susu formula setiap beberapa jam sekali.

Umumnya, orangtua yang memang tidak mau repot akan menyimpan susu bayi antara 6-8 gelas atau botol dalam satu hari. Sehingga, jika si kecil menangis karena lapar, maka mereka tinggal menghangatkannya saja atau hanya menyimpannya saja di suhu ruangan.

Anda bisa mencampurkan susu si kecil sebanyak 60-90 mililiter untuk bayi yang memang masih berusia beberapa minggu saja. Dan jangan lupa untuk Anda mendinginkannya jika memang Anda tidak mau repot berkali-kali untuk membuatkan susu si kecil, hal ini bertujuan agar tidak ada bakteri yang berkembang dalam susu si kecil.

Karena jika di dalam susu si kecil sudah berkembang bakteri, maka ANda dianjurkan untuk membuangnya dan jangan memberikannya kepada bayi jika Anda tidak mau si kecil sakit.

Ingat bunda, setiap bayi memiliki tingkatan selera juga takaran susu yang jelas berbeda. Hal ini sangat tergantung dengan kondisi badan serta umur si kecil. Jika seperti itu, berapa takaran susu bayi yang repat?

Di bawah ini ada takaran susu bayi yang tepat yang bisa bunda berikan kepada si kecil agar porsi yang diberikan sesuai dengan ukuran perut juga usianya, yaitu sebagai berikut:

  1. Umumnya, bayi yang baru lahir akan mengkonsumsi susu sekitar 45-90 mililiter setiap 2-3 jam. Dan bayi yang memang baru lahir umumnya akan membutuhkan asupan makanan dalam jumlah yang cukup banyak, hal ini untuk membantu pertumbuhan juga perkembangannya, sehingga si kecil akan lebih banyak membutuhkan asupan susu.
  2. Nah, ketika bayi berusia 2 bulan, umumnya mereka akan mengkonsumsi susu sebanyak 120-150 mililiter setiap 3-4 jam setiap harinya. Itu artinya Anda harus menyiapkan lebih banyak susu demi membantu perkembangan juga pertumbuhan si kecil.
  3. Setiap memasuki usia 6 bulan, si kecil akan mengkonsumsi susu sebanyak 720-950 mililiter yang akan ditambah dengan makanan pendamping ASI atau MPASI yang berfungsi untuk melengkapi nutrisinya.
Baca Juga:  Nutrisi Untuk Kesehatan Mata Bayi

Nah, itu dia takaran susu yang tepat yang harus Anda perhatikan yang memang telah disesuaikan dengan ukuran perut juga usia si kecil. Dan penting untuk Anda memperhatikan takaran ini, demi kelangsungan pertumbuhan juga perkembangan si kecil.

Bukan hanya itu, ketika usia si kecil memasuki usia 6 bulan dan si kecil mulai diperkenalkan dengan makanan padat sebagai MPASI nya, maka Anda juga harus benar-benar memperhatikan asupan makanan serta takaran dari makanan padat yang Anda berikan untuknya. Berikan makanan dengan tekstur yang sesuai dengan usia si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517