Berapa Kadar Asam Urat Normal?

Asam urat normal. Asam urat merupakan salah satu bagian dari metabolisme purin, namun jika hal tersebut tidak berlangsung secara normal, maka nantinya bisa terjadi sebuah proses penumpukan Kristal yang bersumber dari asam urat pada persendian yang memang mampu mengakibatkan rasa sakit yang cukup tinggi.

Sebenarnya, asam urat ini memang sudah ada di dalam tubuh kita, dan hal itu bukanlah penyakit, dengan catatan kadar asam urat berada dalam jumlah yang normal. Dan sayangnya, masih banyak diantaranya orang-orang yang memang sampai saat ini masih belum mengetahui berapa nilai kadar asam urat normal yang ada di dalam tubuh kita.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan berapa kadar asam urat normal yang seharusnya berada di dalam tubuh kita. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui beberapa penyebab masalah dari asam lambung tersbeut. Ini dia beberapa penyebab asam urat yang menjadi tinggi, yaitu sebagia berikut:

1. Metabolisme purin yang berlebih. Umumnya, hal ini akan terjadi ketika Anda terlalu sering mengkonsumsi sejumlah makanan yang memang memiliki kandungan puri dalam jumlah yang tinggi, misalkan seperti jeroan, makanan kaleng, seafood, bahkan kaldu daging.

2. Selain itu, faktor genetik atau bahkan riwayat adanya keluarga yang menderita hal yang serupa juga bisa menjadi faktor Anda mengalami asam urat dalam jumlah yang tinggi.

3. Anda mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang tinggi. Alkohol ini merupakan salah stau bentuk zat yang memang mampu menghambat proses pengeluaran asam urat dari dalam tubuh Anda. Jika asam urat tidak di keluarkan, maka kemungkinan besar asam urat tersebut akan terus menumpuk.

4. Memiliki berat badan yang berlebih juga ternyata bisa menjadi salah satu penyebab meningginya kadar asam urat. Hal ini akan terjadi karena lemak yang ada di dalam tubuh orang yang memiliki ukuran badan yang besar mampu menghambat proses pengeluaran asam urat dalam urin.

5. Adanya gangguan terhadap fungsi ginjal, karena proses pengeluaran asam urat bersamaan dengan urin yaitu melalui ginjal. Maka dari itu, jika adanya gangguan pada fungsi ginjal, maka proses keluarnya asam urat juga akan ikut terganggu.

6. Kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Jika Anda kurang mengkonsumsi air mineral, maka hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya pengendapan terhadap asam urat bahkan bisa menghambat keluarnya asam urat bersama urin.

Nah, itulah beberapa hal yang memang bisa menyadi penyebab tingginya kadar asam urat normal. Dan berikut ini jumlah kadar asam urat normal yang harus benar-benar Anda jaga, yaitu sebagai berikut:

1. Untuk laki-lai dewasa, kadar asam urat normalnya yaitu sekitar 2 – 7,5 mg/dL, sementara itu pada wanita yang sudah dewasa yaitu sekitar 2 – 6,5 mg/dL.

2. Untuk laki-laki yang berusia lebih dari 40 tahun, kadar asam urat normalnya yaitu sekitar 2 – 8,5 mg/dL, sedangkan pada wanita yaitu sekitar 2 – 8 mg/dL.

3. Untuk anak-anak yang memang masih berusia 10-18 tahun, kadar asam urat normal yang harus di jaga yaitu sekitar 3,6 – 5,5 mg/dL, sementara itu pada anak wanita 3,6 – 4 mg/dL.

Related Posts

Share This