Berapa Dosis Asam Folat Untuk Ibu Hamil yang Tepat?

Ada salah seorang ibu hamil yang bertanya, “Terkait kebutuhan asam folat untuk ibu hamil. Sebetulnya berapakah dosis asam folat untuk ibu hamil agar mencukupi dan tidak melebihi kebutuhan harian yang dianjurkan? Saya khawatir jumlah asam folat yang saya konsumsi melebih dosis anjuran sehingga membahayakan kesehatan saya. Terima kasih!”  Ayudya Lindawati, Sragen.

Jawabannya:

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa manfaat asam folat untuk ibu hamil sangatlah banyak. Dan asupan harian asam folat untuk ibu hamil yang direkomendasikan oleh para ahli bagi semua ibu hamil agar tetap subur setidaknya yaitu 400 mikrogram (mcg) atau sekitar 0,4 miligram (mg) di setiap harinya. Bahkan berdasarkan pusat pengendalian dan penycegahan penyakit Indonesia, asam folat ini bukan hanya mampu meningkatkan masa kesuburan wanita, namun asam folat juga memiliki fungsi terbaik guna mengurangi terjadinya cacat saraf – tabung terhadap janin yang ada di dalam kandungan, dan kisaran tersebut sebanyak 70%.

Nah, untuk seorang ibu yang tengah hamil, asam folat ini juga merupakan vitamin untuk ibu hamil yang wajib terpenuhi. Dan untuk dosis asam folat harian, para ahli menganjurkan ibu hamil mengkonsumsi asam folat sebanyak 600-800 mcg atau sekitar 0,6-0,8 mg setiap harinya. Dan yang pastinya, kebutuhan asam folat setiap wanita atau ibu hamil berbeda-beda, dan itu akan sangat tergantung dengan berat badan. Bukan hanya itu, jika ibu hamil memiliki riwayat keluarga yang memiliki cacat saraf-tabung, maka kemungkinan besar ibu hamil harus memperoleh asam folat sebanyak 4000mcg atau sekitar 4 mg untuk setiap harinya guna mencegah resiko terjadinya cacat saraf-tabung. Untuk masalah kelainan yang terjadi pada kehamilan ini, sebaiknya ibu hamil bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter, terkait berapa banyak kebutuhan asam folat yang memang di butuhkan sebelum juga setelah Anda hamil.

Agar Anda bisa memperoleh asam folat, maka Anda sebagai ibu hamil bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi seperti minyak ikan, ikan tuna, atau bahkan ikan sarden. Bukan hanya itu, Anda juga bisa memperoleh kandungan asam folat ini dari sumpelem asam folat yang banyak di jual di apotik, dengan catatan dari saran dokter.

Selain itu, asam folat ini juga biasanya telah terkandung di dalam multivitamin yang memang banyak di jual di apotik. Ketika Anda akan membelinya, Anda bisa terlebih dahulu memeriksa label serta komposisi multivitamin yang biasanya Anda beli dan Anda konsumsi selama kehamilan, dan Anda bisa memperoleh berapa dosis serta jumlah kandungan asam folat yang memang terkandung di dalamnya. Satu hal yang harus Anda ingat, bahwa asam folat merupakan salah satu jenis vitamin yang larut di dalam air, sehingga mungkin saja tubuh Anda bisa mengalami gangguan jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Nah, itulah jawaban yang kami berikan terkait dosis tepat asupan asam folat untuk ibu hamil. Dan untuk jumlah atau dosisi yang tepat, kami tetap menganjurkan agar ibu hamil bisa tetap mengkonsultasikannya kepada dokter secara langsung.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517