Beragam Manfaat Jus Jambu Biji Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang tidak asing karena sangat mudah untuk diperoleh. Banyak orang yang menyukai buah ini karena rasanya yang manis. Jambu biji bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus. Selain rasanya manis, ternyata jambu biji mengandung banyak nutrisi yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk ibu hamil. Manfaat jambu biji untuk ibu hamil sangat banyak, salah satunya yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi jambu biji selama menjalani masa kehamilan. Supaya tidak bosan dalam mengkonsumsi buah tersebut sebaiknya Anda mengolah jambu biji menjadi jus. Manfaat jus jambu untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Jambu biji mengandung vitamin, mineral, kalsium, protein dan beragam nutrisi lainnya.

Berdasarkan Kandungan Nutrisinya, Berikut Manfaat Jus Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

Kesehatan ibu hamil menjadi salah satu faktor yang sangat penting karena akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan. Untuk lebih jelasnya simak beberapa manfaat jus jambu biji untuk kesehatan ibu hamil berikut ini.

  1. Jambu biji sangat bagus untuk dikonsumsi pada waktu hamil untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena kandungan nutrisi pada jambu biji memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah.
  2. Kandungan pectin pada jambu biji bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Pada waktu hamil kadar kolesterol cenderung meningkat dan membahayakan kesehatan ibu hamil. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah jambu biji akan membantu mengikat kolesterol dan mendorongnya keluar.
  3. Seperti buah-buahan pada umumnya, jambu biji juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga mencegah sembelit dan wasir pada ibu hamil.
  4. Kalium yang terdapat pada jambu biji bermanfaat untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah pada ibu hamil.
  5. Tannin berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, menangkal infeksi virus dan melancarkan sistem sirkulasi darah pada ibu hamil. Jika aliran darah lancar maka pasokan oksigen dan nutrisi untuk bayi akan tercukupi dengan baik.
  6. Mengkonsumsi jus jambu biji bermanfaat untuk mencegah stres pada ibu hamil. Hal ini karena jambu biji memiliki kandungan magnesium yang memberi efek tenang terhadap otot dan saraf.
  7. Jambu biji mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf janin di dalam kandungan. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan bayi terlahir cacat atau prematur.
  8. Kandungan vitamin C jambu biji bermanfaat sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit selama hamil. Selain itu, asam askorbat berperan penting dalam mencegah kerusakan pembuluh darah, gusi ataupun gigi pada waktu hamil.
  9. Kandungan likopen pada jambu biji berkhasiat sebagai anti kanker. Dengan mengkonsumsi jambu biji secara rutin selama hamil maka akan menghambat pertumbuhan sel kanker yang berbahaya.

Jambu biji memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan selama menjalani kehamilan. Namun meskipun demikian, mengkonsumsi jambu biji tidak boleh berlebihan karena bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Kandungan serat yang sangat tinggi pada jambu biji bisa menimbulkan efek diare pada ibu hamil. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya Anda mengkonsumsi jambu biji secara teratur.

Related Posts

Share This