Benarkan Mentimun Bisa Menyebabkan Keputihan Pada Ibu Hamil?

Halo bunda! Pastinya bunda pernah mendengar bukan, pernyataan mengenai mitos mengkonsumsi mentimun. Banyak diantaranya orang yang mengatakan, kalau ibu hamil mengkonsumsi mentimun, maka bisa menyebabkan keputihan. Apakah pernyataan itu benar bunda? Pada kenyataannya mitos ini hanyalah sebuah kepercayaan kuno yang memang belum bisa di pastikan kebenarnya, karena nyatanya wanita atau bahkan ibu hamil bisa saja mengalami keputihan walaupun ia tidak mengkonsumsi mentimun, karena keputihan pada ibu hamil diakibatkan oleh adanya perubahan hormon. Dan untuk mentimun itu sendiri, sampai saat ini belum di ketahui kebenarannya.

keputihan saat hamil

Mitos yang mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi mentimun bisa menyebabkan keputihan saat hamil tidak di benarkan oleh dr. Duddy Mulyawan, Sp.PD, karena mentimun ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah menjadi salah satu pemicu terjadinya keputihan, apalagi keputihan saat hamil. Oleh karena itu, tidak ada hubungannya mengkonsumsi mentimun dengan keputihan yang kerap di alami oleh wanita bahkan ibu hamil.

Dikarenakan mentimun di percaya bisa menyebabkan keputihan pada wanita, maka sampai saat ini mentimun menjadi musuh terbesar bagi para wanita juga ibu hamil, padahal di dalam mentimun banyak sekali kandungan vitamin yang sangat baik untuk tubuh Anda, dan kandungan vitamin yang ada di dalam mentimun diantaranya yaitu:

  1. Fosfor, Kalsium, Sapronin, Protein, dan juga Lemak.
  2. Flavonoid dan juga Polifenol : sebagai anti radang
  3. Asam Malonat : Asam folat yang ada di dalam mentimun ini berfungi untuk menekan kadar gula yang memang ada di dalam tubuh, agar kadar gula tidak berubah menjadi lemak atau bahkan bisa dibilang mentimun ini sangat baik guna mengurangi berat badan.
  4. Kukurbitasin C : Memiliki fungus guna meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil serta bisa mencegah terjadinya penyakit hepatitis.
  5. Kandungan flavonoid dan polifenolnya berfungsi sebagai anti radang.
  6. Mentimun juga sangat

Itulah beberapa kandungan juga manfaat yang dimiliki oleh mentimun. Dan faktanya, tidak ada kandungan yang ada di dalam mentimun yang bisa menyebabkan keputihan pada wanita juga ibu hamil. Persoalan ini juga ikut dikuatkan oleh pernyataan yang menyebutkan bahwa keputihan akan terjadi ketika adanya kondisi vagina atau area kewanitaan yang lembab, adanya perubahan hormon pada ibu hamil, serta sikap malas mengganti pakaian dalam wanita sehingga bisa memicu tumbuhnya bakteri yang memang bisa menyebabkan keputihan pada wanita ataupun ibu hamil.

Oleh karena itu, jika Anda tidak mau mengalami keputihan, sebaiknya Anda rajin untuk mengganti pakaian dalam serta menjaga kebersihan organ kewanitaan Anda. Dan mulailah dari sekarang untuk tidak menuding mentimun sebagai titik permasalahan Anda mengalami keputihan, karena nyatanya tidak ada kandungan di dalam mentimun yang bisa menyebabkan keputihan pada Anda.

Related Posts

Share This