Benarkah Terlalu Banyak Tidur Saat Hamil Bisa Membahayakan Janin?

Memang benar, ibu hamil selalu di sarankan untuk terus beristirahat dengan sukup juga tidur yang berkualitas. Karena istirahat bisa membuat sejumlah organ tubuh memproduksi hormon lebih cepat yang mana bermanfaat untuk janin yang ada di dalam kandungan bunda. Akan tetapi, sampai saat ini banyak yang mengungkapkan bahwa tidur pagi saat hamil itu tidak baik untuk kesehatan janin, apakah itu benar?

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan, bahwa terlalu banyak tidur saat hamil juga bisa membahayakan kesehatan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan, apalagai ketika bunda terlalu banyak atau terlalu sering tidur siang saat hamil. Namun sayangnya, hal ini sangat jarang di ketahui oleh ibu saat hamil.

tidur pagi saat hamil

Seorang penulis penelitian Anthony Sciscione yang berasal dari the Delaware Centre for Maternal and Fetal Medicine, Amerika Serikat mengungkapkan, bahwa kurangnya gerap pada tubuh bunda bisa menyebabkan sejumlah otot menjadi kaku, bahkan menyebabkan tulang yang kropos. Bukan hanya itu, ketika bunda lebih sering tidur pagi saat hamil atau tidur siang saat hamil akan meningkatkan resiko terjadinya pembekuan terhadap darah pada bagian kaki, yang kemungkinan besar bisa berpindah ke organ paru-paru bunda. Dan ketika hal tersebut terjadi, maka akan berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh bunda juga janin yang ada di dalam kandungan bunda.

Selain itu, Anthony Sciscione juga mengungkapkan  bahwa kurangnya gerak pada tubuh terutama bagi ibu hamil bisa meningkatkan resiko wanita atau ibu hamil terkena penyakit diabetes gestasional atau lebih di kenal dengan penyakit diabetes yang terjadi selama masa proses kehamilan, hal ini dikarenakan adanya kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh.

Oleh karena itu, ketika bunda tengah hamil, baik itu hamil muda ataupun hamil tua sangat tidak di sarankan untuk terlalu banyak tidur siang ataupun pagi saar hamil, karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh bunda juga perkembangan janin yang ada di dalam kandungan bunda.

Istirahat memang sangat di anjurkan oleh dokter dan dibutuhkan selama masa kehamilan. Akan tetapi, jangan sampai kehamilan ini menjadi satu alasan yang kuat untuk bunda bermalas-malasan. Bunda harus tetap melakukan aktivitas fisik yang memang akan bermanfaat untuk bunda juga janin yang ada di dalam kandungan bunda, misalkan seperti yoga, berenang, ataupun membersekan rumah.

Karena jika bunda terlalu banyak bermalas-malasan dan badan bunda tidak di gerakkan dengan baik, kemungkinan besar bunda akan mendapatkan masalah terhadap kehamilan bunda. Jadi, tidak ada salahnya jika bunda sedikit menggerakkan tubuh bunda untuk sejumlah hal yang baik juga bermanfaat untuk kesehatan bunda, bukan?

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517