Benarkah Sel Kanker Prostat Bisa ‘Dibunuh’ Dengan Pedasnya Cabai?

Cabai, salah satu jenis bahan makanan yang memang mampu memberikan sensasi rasa pedas. Selebihnya, dalam sebuah study yang memang telah di publikasikan oleh American Chemical Society Journal of Physical Chemistry, menyebutkan bahwa rasa pedas yang terkandung dalam cabai dipercaya mampu ‘membunuh’ sejumlah sel kanker prostat yang ada dalam tubuh.

Bukan hanya itu, para peneliti juga menemukan, bahwa adanya senyawa capsaicin yang terkandung di dalam cabai yang memang dipercaya mampu membunuh sel kanker yang ada dalam tubuh. Kandungan capsaicin ini merupakan jenis senyawa yang mana menyebabkan cabai memiliki rasa yang pedas juga sangat pedas di mulut.

Bahkan sebuah study yang memang telah dipubliskan di Cancer Research juga menemukan, bahwa jenis senyawa tersbeut mampu mengurangi ukuran tumor, hal ini diketahui setelah dilakukannya percobaan terhadap tikus yang memang positif memiliki tumor.

Tikus ini dinyatakan memiliki tumor, karena sebelumnya tikus yang dijadikan sebagai percobaan ini telah dilakukan rekayasa genetic, sehingga tikus tersebut memiliki sejumlah sel prostat yang umum dialami oleh manusia.

Bukan hanya itu, bahkan para peneliti juga menunjukkan, bahwa sensai pedas yang dimiliki oleh cabai, yaitu capcaicin ini mampu merobek sel membran, sehingga akhirnya sel-sel kanker tersebut akan di nyatakan mati.

Akan tetapi, agar senyawa tersebut bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap manusia, maka diperkirakan butuh dosis yang memang cukup tinggi atau bahkan konsumsi cabai yang banyak dalam satu hari, agar sel kanker yang ada dalam tubuh bisa di musnahkan.

Dan temuan ini akhirnya membuat dokter Ashok Mishra dan dokter Jitendriya Swain yang berasal dari Indian Institute of Technology selanjutnya memiliki keinginan untuk meneliti lebih lanjut, bagaimana senyawa jenis capsaicin ini mampu membantu tubuh dalam membunuh sejumlah sel kanker, sehingga kemudian senyawa ini nantinya bisa di manfaatkan dalam bentuk obat yang memang diperuntukkan bagi orang-orang yang menderita kanker.

Penelitian ini dilakukan bukan berarti pasien yang menderita kanker prostat bisa sembuh hanya dengan mengkonsumsi cabai dengan jumlah yang banyak. Karena tetap, ketika Anda menderita penyakit kanker, pengobatan medis harus tetap Anda lakukan dengan benar. Agar kanker Anda bisa diatasi dengan tepat.

Kanker prostat ini merupakan salah satu jenis kanker yang umumnya terjadi pada laki-laki. Menurut World Cancer Research Fund, terdapat lebih dari 1,1 juta kasus kanker prostat yang menyerang kaum laki-laki di seluruh dunia pada tahun 2012. Dan penelitian sebelumnya yang dilakukan pada tahun lalu menyebutkan, bahwa mengkonsumsi cabai juga bisa mengurangi resiko terkena kanker usus.

Ingat! Rasa pedas yang dimiliki oleh cabai memang bisa membunuh sel kanker prostat, namun bukan berarti ketika Anda terserang sel kanker, Anda hanya mengandalkan cabai untuk mengatasinya, setidaknya Anda juga harus mengunjungi dokter untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Related Posts

Share This