Benarkah Persalinan Sungsang Faktor Keturunan?

Persalinan sungsang dikategorikan sebagai proses persalinan yang tidak normal. Banyak wanita yang merasa cemas ketika orangtua mereka memiliki riwayat melahirkan sungsang sebabĀ  ada yang berpendapat bahwa persalinan sungsang bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Kurangnya pengetahuan menyebabkan ibu hamil merasa cemas dan kondisi tersebut dikhawatirkan bisa memicu stres yang mengganggu kehamilan pada tahap akhir menjelang persalinan.

Kelahiran bayi sungsang adalah kondisi medis yang berkaitan erat dengan adanya kelainan pada posisi bayi menjelang persalinan. Namun apakah benar jika kelahiran sungsang disebabkan oleh faktor keturunan?

Pada usia kehamilan 28 minggu, janin didalam kandungan masih sangat aktif untuk bergerak. Memasuki minggu ke 34-36 janin sudah mulai berada pada posisi dibagian rongga panggul. Posisi normal menjelang persalinan yaitu posisi kepala bayi berada pada panggul. Bayi dikatakan sungsang apabila yang mengisi panggul adalah bagian kaki. Posisi tersebut akan menghambat proses persalinan dan tak jarang harus dilakukan operasi caesar.

Posisi bayi sungsang biasanya baru diketahui pada usia kehamilan 34 minggu melalui pemeriksaan USG. Pada dasarnya posisi sungsang sangat beragam dan tidak hanya posisi kaki dibawah saja. Nah, berikut ini ada beberapa posisi bayi sungsang yang bisa Anda kenali untuk mengetahui keterkaitan antara faktor genetic dan posisi persalinan sungsang.

Beberapa Posisi Sungsang Yang Harus Anda Ketahui

  • Incomplete Breech

Pada posisi ini sungsang tidak sempurna dengan kaki janin berada diatas dan kaki lain berada dibagian bawah.

  • Frank Breech

Posisi bokong bayi berada dibagian bawah, tungkai diatas dan hampir menyentuh telinga. Dengan kata lain posisi ini hampir sejajar dengan bahu dan kepala. Posisi sungsang seperti ini sering ditemukan pada ibu hamil dengan janin sungsang pada umumnya.

  • Complete Breech

Sungsang sempurna merupakan posisi bokong janin yang berada diatas mulut rahim dan kedua kaki terlipat sempurna. Jika dianalogikan posisi ini seperti jongkok.

Nah, setelah kita mengetahui beberapa posisi sungsang diatas maka faktor keturunan bukan penyebab persalinan sungsang. Terkecuali jika Anda memiliki panggul sempit sehingga akan mendorong janin mengubah posisi sehingga mengakibatkan sungsang. Selain itu, persalinan sungsang juga diakibatkan oleh kehamilan kembar, riwayat kelahiran prematur dan air ketuban terlalu banyak.

Nah, dengan demikian bagi Anda yang merasa cemas dengan persalinan sungsang karena riwayat keluarga pernah mengalami kejadian tersebut, maka tidak perlu khawatir sebab sungsang bukan merupakan faktor genetik. Untuk mencegah posisi bayi sungsang maka sebaiknya Anda rutin untuk memeriksakan kandungan pada kehamilan tahap akhir menjelang persalinan. Jika diketahui lebih cepat sebelum persalinan maka posisi tersebut bisa dirubah menjadi normal kembali dengan bantuan medis yang sudah ahli dibidang tersebut. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This