Benarkah Permen Karet Bisa Menempel di Usus Jika Tertelan?

Banyak diantaranya orangtua yang melarang, agar anak-anak tidak memakan permen karet. Alasan yang di lontarkan Cuma satu, yaitu jika permen karet tertelah bisa membahayakan kesehatan juga bisa menempel di bagian lambung, bahkan menempel di usus hingga bertahun-tahun, apakah itu benar? Dan, sebenarnya apa yang akan terjadi pada kondisi tubuh jika kita atau bahkan si kecil tidak sengaja menelan permen karet, yang kabarnya bisa menempel di usus tersebut?

“Tubuh bisa memecah beberapa bahan pemanis dan perasa dalam permen karet. Sisanya, akan dikeluarkan lewat sistem pencernaan. Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat makan permen karet dan khususnya pada anak yang belum cukup umur, jangan dulu beri mereka permen karet,” ungkap Gerry Mullin, MD, seorang profesor kedokteran yang berasal dari Johns Hopkins Hospital.

Sementara itu, Nancy McGreal, MD, seorang pakar gastroenterologi yang berada Duke Medicine, mengungkapkan serta menjelaskan bahwa bahan dasar yang di gunakan dalam pembuatan permen karet, yang mana menjadikan permen ini sangat lengket seperti karet inilah yang memang sangat sulit di cerna oleh tubuh. Mengapa? Karena, bahan dari permen karet itu sendiri tidak akan mudah untuk larut seperti biji atau bahkan kulit buah, sehingga tubuh akan sangat sulit untuk memecah bahan makanan tersebut.

Namun, berdasarkan McGreal sendiri, permen karet yang memang tertelan oleh kita atau bahkan si kecil tanpa di sengaja, tidak sama halnya dengan permen karet yang menempel di bagian sepatu atau trotoar. Karena, permen karet yang memang menempel di sisi perut atau bahkan usus membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk menemukan jalannya melalui tubuh. Dimana permen karet terlebih dahulu harus menempel pada jenis makanan lainnya yang di cerna, sehingga permen karet yang menempel tersebut bisa berhasil keluar.

“Bahkan selama saya menjadi dokter, belum pernah saya lihat permen karet benar-benar menempel lekat di usus seseorang,” ungkap McGreal seperti yang kami kutip dari health.detik pada hari Kamis (19/11/2015).

Nah, kondisinya akan sedikit berbeda, jika Anda mengidap penyakit Crohn atau bahkan penyakit diverticulitis yang mana dapat menyebabkan penyempitan bagian usus. Menurut McGreal, permen karet yang tertelah oleh seseorang yang mengidap penyakit tersebut, bisa menimbulkan resiko yang lebih serius, dikarenakan permen karet akan melewati area yang sangat sempit. Bahkan, pada kasus yang sangat jarang terjadi, permen karet ini bisa menyumbat usus, serta bisa mengakibatkan kram perut, sembelit, serta beberapa masalah perut yang lainnya.

McGreal juga mengingatkan, agar seseorang senantiasa hati-hati ketika mereka tengah mengunyah permen karet. Namun bukan berarti pula, seseorang dilarang untuk mengunyah permen karet, karena bagaimanapun juga mengunyah permen karet memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Karena kegiatan mengunyah permen karet ini mampu mengaktifkan kelenjar air liur yang bisa membantu kita dalam menetralkan asam lambung, serta sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan.

Related Posts

Share This