Benarkah Permen Karet Bisa Hilangkan Bakteri Mulut?

Guna menghalau bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui mulut, maka Anda bisa memanfaatkan permen karet untuk membersihkan bagian mulut Anda. Karena berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Belanda, bahwa dengan mengunyah permen karet, Anda bisa membersihkan bahkan menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut.
Dalam penelitian yang telah di lakukan itu, para peneliti meminta agar para peserta yang menjadi sukarelawan mau mengunyah permen karet yang memang tidak memiliki kandungan gula paling tidak selama 10 menit. Dan setelah di teliti, akhirnya para penleiti menemukan bahwa ada kurang lebih sebanyak 100 juta bakteri yang memang buisa terperangkap dengan sendirinya pada setiap kunyahan permen karet yang Anda kunyah tersebut.

Dan hal ini ternyata benar-benar mampu membuat beberapa jenis bakteri yang memang ada di dalam rongga mulut bisa di bersihkan. Dan pastinya mampu menurunkan resiko gigi yang berlubang, membuat keadaan gusi Anda jauh lebih sehat, serta aroma napas Anda yang jauh lebih baik.

Mengapa bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan ketika Anda mengunyah permen karet, permen karet mampu membersihkan plak serta sejumlah sisa makanan yang memang menempel di bagian gigi Anda.

“Ada banyak penelitian tentang hal ini, dan tampaknya peremen karet memang bermanfaat untuk mengurangi bakteri di dalam mulut Anda,” ungkap Denis Kinane, PhD, dekan University of Pennsylvania School of Dental Medicine yang di kutip dari health.kompas.

Hal ini juga akan terjadi ketika Anda memang tengah mengunyah permen karet yang tidak memiliki kandungan gula, maka aktivitas dari mengunyah ini juga mampu merangsang produksi dari air liur Anda. “Air liur adalah antimikroba, ia bekerja untuk membunuh bakteri di mulut Anda dan juga menjaga jaringan gusi tetap sehat,” tutur Kinane.

Akan tetapi, flossing atau bahkan membersihkan bagian sela-sela gigi Anda dengan menggunakan benang tipis yang khususu untuk membersihkan sela gigi sampai saat ini masih menjadi salah satu cara terbaik dalam membersihkan mulut Anda setelah makan. Mengapa? Karena nyatanya, benang floss ini bisa menghilangkan sejumlah kuman yang memang bersarang di bagian sela gigi, yang memang juga sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya gigi yang berlubang. Sedangkan permen karet yang tidak memiliki kandungan gula, hanya bermanfaat dalam melindungi bagian permukaan gigi Anda saja.

Maka dari itu, Anda jangan beranggapan kalau dengan mengunyah permen karet, mampu membersihkan bagian mulut Anda dengan maksimal. Karena permen karet hanya bisa Anda jadikan sebagai bahan pelengkap, setelah Anda benar-benar sudah membersihkan bagian gigi Anda dengan memanfaatkan benang floss atau bahkan ketika Anda tengah berada di keadaan yang darurat serta tidak adanya benang floss yang bisa Anda gunakan.

Lantas, jika seperti itu, permen karet jenis apa yang baik untuk di gunakan? Untuk rasa sendiri, Anda diberikan kebebasan untuk memilihnya sesuai dengan selera, namun yang pasti, Anda sangat dianjurkan untuk memilih jenis permen karet yang bebas dari kandungan gula.

“Bakteri mulut akan memfermentasi gula, yang kemudian akan memroduksi asam dan melemahkan gigi Anda. Tapi, pemanis buatan dalam permen karet bebas gula tidak memberikan reaksi yang sama,” ujar Kinane.

Selain itu, waktu yang paling baik dalam mengunyah jenis permen karet yang Anda pilih yaitu sekitar10 menit. Hal ini dikarenakan, ketika Anda mengunyah permen karet lebih dari 10 menit, maka sejumlah bakteri yang memang sudah berhasil terjebak di dalam permen karet bisa kembali keluar dan menyebar kembali di permukaan mulut.

Related Posts

Share This