Benarkah Penyakit Kista Ovarium Menyebabkan Kemandulan?

Kabarnya, penyakit kista kerap menjadi salah satu penyebab kaum wanita susah mendapatkan kehamilan. Jika seperti itu, apakah semua wanita yang mengidap penyakit kista ovarium akan mendapatkan kemandulan?

penyebab kemandulan

Menurut Dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, seorang dokter kandungan di RSUD Lewiliang Bogor menyebutkan bahwa belum sepenuhnya penyakit kista bisa menyebabkan mandul pada orang yang menderitanya, tergantung dengan jenis kista itu sendiri. Jika kista itu bersifat ganas, maka kista yang diderita masih bisa diobati dan diatasi.

Bahkan hal yang seriupa juga disampaikan oleh Dr Sita Ayu Arumi, SpOG. Beliau menyebutkan bahwa banyak diantaranya orang-orang yang hamil yang juga sama memiliki penyakit kista, dan bukan hanya indung telur yang harus di perhatikan ketika seseoarng ingin mendapatkan kehamilan.

Bahkan Dr Sita Ayu Arumi, SpOG seorang dokter kandungan di RSU Bunda Jakarta juga menambahkan, bahwa agar bisa mendapatkan kehamilan, bukan hanya status fertilitas tidak hanya dilihat dari indung telurnya saja.

Beliau mengatakan, bahwa kista memang bisa memberikan pengaruh kepada wanita untuk mendapatkan kehamilan. Mengapa? Karena kista juga bisa menurunkan cadangan sel telur. Jika penyakit kista ini terus dibiarkan tanpa adanya pengobatan, maka cadangan sel telur lama kelamaan akan menjadi sedikit, dan terus menerus menipis sampai akhirnya habis.

Ketika kista diangkatpun, maka ada sebagian indungtelur yang juga ikut terangkat. Atau bahkan ada sejumlah jaringan yang sebagian rusak, dan setelah itu harus di angkat. Fungsi dari ovulasi ini yang memang juga dipengaruhi oleh siklus haid nantinya akan terus berubah setelah terjadinya pengangkatan sebagian indung telur.

Dr Irfan memaparkan, “sehingga, tidak bisa menghasilkan hormon. Tapi sekali lagi, tergantung kasusnya. Kalau hanya sebagian saja indung telurnya yang bermasalah ya masih ada peluang untuk hamil.”

Namun ada satu hal yang harus di ingat, agar Anda bisa mendapatkan kehamilan, ada beberapa faktor lainnya yang juga harus diikutsertakan. Umumnya dokter harus mengevaluasi, bahwa selama masih ada indung telur yang tersisa, maka para wanita juga masih bisa melakukan program kehamilan, misalkan seperti melalui inseminasi atau dalam kata lain melalui bayi tabung.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517