Benarkah Penyakit Aphantasia Telah ‘Membutakan’ Pikiran Niel?

Anda bisa memejamkan mata, dan bayangkanlah bahwa diri Anda tengah duduk di pinggir pantai yang sangat indah sambil menikmati angin yang semilir, dan hal tersebut bisa membuat Anda sangat bahagia. Ketika Anda memikirkan dan membayangkannya, seberapa jelaskah gambaran mental yang bisa Anda bayangkan?

Mungkin bagi sebagian orang, membayangkan suatu hal itu merupakan perkara yang mudah, misalnya seperti membayangkan makanan atau suasan di suatu tempat, namun hal tersebut justru tidak bagi Niel Kenmuir dari Lancaster, Inggris. Pikiran Niel seperti ‘buta’, dia tidak mampu membayangkan suatu hal, kondisi ini dikarenakan penyakit aphantasia yang dideritanya, dan hal ini diperjelas oleh peneliti dari University of Exeter.

Sejak Niel kecil, ia sudah mengetahui kelainan yang ia miliki, dan sedikit berbeda dengan kebanyakan anak yang lainnya. “Ayah tiri saya waktu itu bilang ke saya kalau sulit tidur coba menghitung domba. Dia menjelaskannya dan saya pun mencobanya tetapi tak bisa,” ungkap Niel.

“Saya tak bisa melihat domba melompati pagar. Saya tak bisa melihat apapun untuk dihitung,” lanjutnya seperti dikutip dari health.detik.com pada hari Jumat (28/8/2015).

Dan hal ini mempengaruhi Niel sampai ia dewasa. Niel saat ini bekerja di salah satu toko buku di tempatnya ia tinggal. Pekerjaannya ini terkadang membutuhkan imjinasi yang tingggi, sehingga kerap kali Niel dicap sebagai orang yang aneh oleh beberapa rekan kerjanya.

Seorang profesior ahli neurologi dari University of Exeter, Adam Zeman mengungkapkan, bahwa timnya saat ini tengah meneliti kelainan ini. Namun sampai saat ini, masih belum banyak diketahui terkait jenis penyakit aphantasi, bahkan nama penyakit ini juga baru di berikan pada tahun 2015 ini.

Bahkan Adam juga mengatakan, bahwa kekuatan dalam berimajinasi setiap orangnya tidaklah sama. Mungkin saja sebuah bayangan yang sangat jelas bagi seseorang bisa menjadi suatu bayangan yang kabur bagi orang lain. Nah, dalam kondisi yang ekstrimnya, biasanya seseorang akan memiliki tingkatan imajinasi yang kuat yang jelas meledak-ledak yang di sbeut dengan hyperphantasia, atau bahkan justru sebaliknya, seseorang yang memang tidak bisa sama sekali berimajinasi seperti Niel, yang di sbeut dengan aphantasia.

“Orang-orang yang menghubungi kami berterima kasih karena kondisi ini telah dikenali dan diberi nama. Mereka sudah bertahun-tahun mencoba menjelaskan kepada orang-orang bahwa ada kejanggalan yang sulit disampaikan,” ungkap Adam.

Bahkan Adam juga bersikeras, bahwa jenis penyakit aphantasia ini bukanlah sejenis gangguan serta mengatakan kondisi yang mungkin bisa mempengaruhi 1 dari 50 orang. Adam juga mengatakan, bahwa kondisi ini sangat jarang di alami oleh orang-orang, dan dalam kasus di tahun ini, hanya Niel yang baru mengalaminya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517