Benarkah Pemberian Air Putih Pada Bayi Dibawah Usia 6 Bulan Berbahaya?

Air merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan. Manfaat air putih untuk kesehatan sangat banyak dan tak terhitung. Dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup maka sangat berguna untuk menghidrasi tubuh sehingga terhindar dari resiko dehidrasi. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk memperlancar srikulasi darah. Namun benarkah jika pemberian air putih pada bayi dibawah usia 6 bulan berbahaya?

Sistem Imun Tubuh Bayi Belum Kuat

Air putih bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh bayi karena secara tidak langsung tubuh bayi belum bisa menerima asupan cairan lain selain ASI. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengutamakan ASI untuk bayi yang berusia dibawah 6 bulan.

Kondisi Ginjal

Fungsi seluruh organ tubuh bayi yang berusia dibawah 6 bulan belum sepenuhnya bekerja dengan baik. Salah satunya yaitu ginjal yang belum siap untuk menyaring cairan yang amasuk selain ASI. Sehingga jika Anda memberikan air putih maka hal ini bisa mempengaruhi kesehatan bayi. Bahkan perkembangan ginjal bayi bisa terganggu.

Menyebabkan Kejang dan Demam

Pemberian air putih yang berlebihan untuk bayi bisa menyebabkan keracunan intoksikasi sehingga akan mengakibatkan kbayi kejang otot dan demam tinggi.

Perkembangan Bayi Terhambat

Mengingat sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna, maka asupan air putih dikhawatirkan bisa menyebabkan perkembangan bayi terhambat akibat adanya kontaminasi bakteri. Selain itu, asupan air putih akan menghilangkan sebagian nutrisi dari ASI karena larut.

Diare

Air putih yang mengandung bakteri dan kuman bisa menyebabkan bayi terkena diare. Bakteri yang masuk kedalam tubuh bayi tidak bisa dimusnahkan mengingat sistem imun kbayi belum berfungsi dengan baik.

Ketidakseimbangan Elektrolit

Keseimbangan elektrolit tubuh bayi akan terganggu jika asupan air putih diberikan secara terus menerus. Bahlkan hal ini akan mengganggu kelancaran dari proses penyerapan nutrisi pada ASI.

Menurunkan Selera Terhadap ASI

Akibat pemberian air putih secara terus menerus maka hal ini akan menyebabkan bayi kehilangan selera untuk menghisap ASI. Maka dari itu, pemberian air putih sebaiknya setelah bayi berusia 6 bulan.

Itulah beberapa bahaya terkait pemberian air putih untuk bayi yang berusia dibawah 6 bulan. Bagaimanapun ASI adalah sumber makanan dan minuman yang utama bagi bayi yang berusia dibawah 6 bulan. Komposisi nutrisi yang terdapat dalam ASI sudah bisa mencukupi semua zat gizi yang diperlukan oleh bayi. Selain itu, ASI sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan bayi sehingga Anda tidak perlu memberikan air putih.

Pemberian air putih baru bisa dilakukan setelah bayi mendapatkan MPASI yaitu menginjak usia 6 bulan. Pada usia tersebut fungsi organ tubuh bayi sudah berjalan mendekati sempurna sehingga  bisa menerima asupan lain selain ASI.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517