Bahaya Operasi Caesar: Benarkah Operasi Caesar Bisa Pengaruhi Perkembangan Otak Bayi?

Bahaya operasi caesar. Operasi caesar atau bahkan bedah caesar juga bisa di sebut dengan seksio sesarea, merupakan salah satu bentuk proses persalinan melalui proses pembedahan di mana bagian perut juga rahim ibu hamil akan di sayat guna mengeluarkan janin yang ada di dalam kandungan.

Umumnya, proses persalinan ini akan di lakukan ketika proses persalinan normal melalui liang vagina tidak mungkin di lakukan karena adanya beberapa resiko yang mungkin saja bisa membahayakan ibu juga janin dalam kandungan.

Sebuah prosedur operasi caesar melahirkan umumnya akan di lakukan oleh dokter atau tim medis lainnya yang berpengalaman yang beranggotakan spesialis kandungan, anak, anastesia, bahkan melibatkan bidan.

Nah, penting untuk Anda ketahui, bahwa operasi caesar ini memiliki efek oeprasi caesar. Salah satunya yaitu bisa memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan otak bayi.

Bahkan, sebuah study terbaru juga telah menunjukkan, bahwa prosedur operasi caesar yang dilakukan dalam proses persalinan bisa memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan otak bayi. Bukan hanya itu, berdasarkan ungkapan para peneliti, prosedur persalinan dengan operasi caesar ini juga bisa mempengaruhi kemampuan bayi untuk berkonsentrasi.

Bahkan, beberapa faktor seperti keadaan berat badan bayi ketika lahir dan usia ibu ketika melahirkan juga bisa memberikan pengaruh terhadap fungsi kognitif si bayi. Penelitian ini di lakukan oleh para peneliti yang berada di York University di Kanada, hal tersebut di ungkapkan oleh Daily Mail.

Dr Scott Adler dan Dr Audrey Wong-Kee-You, yang memimpin penelitian ini, juga membandingkan perhatian yang lebih antara bayi yang terlahir secara normal dengan mereka yang terpaksa lahir dengan prosedur operasi caesar.

Setelah itu, para peneliti akhirnya melakukan dua jenis percobaan, yang mana langsung melibatkan kelompok bayi yang masih berusia 3 bulan. Keadaan gerakan mata si bayi akan terus di pantau sebagai salah satu bentuk indikasi apa yang akan menarik perhatian si bayi.

Bahkan, Dr Scott Adler yang mempublikasikan penelitian ini di jurnal Attention, Perception, and Psychophysics, mengungkapkan, bahwa hasilnya menunjukkan kalau pengalaman kelahiran si bayi bisa mempengaruhi kondisi awal dari fungsi otak mereka.

Namun walaupun seperti itu, para peneliti ini akhirnya masih belum merasa jelas, apakah efek tersebut akan berlangsung seumur hidup atau tidak. Dan ini masih menjadi catatan penting bai mereka.

Dan itulah alasan mengapa prosedur operasi caesar bisa memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan otak bayi. Namun walaupun seperti itu, bukan berarti operasi caesar iniĀ  tidak baik di lakukan. Karena operasi caesar pun akan di lakukan dengan alasan juga sebab tertentu. Dan jika Anda masih bisa melahirkan secara normal, maka sebaiknya Anda melahirkan dengan jalan normal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517