Benarkah Mewarnai Memiliki Efek yang Sama Seperti Meditasi?

Untuk saat ini, mewarnai merupakan salah satu bentuk kegitaan yang tengah popular di kalangan orang dewasa. Karena dikabarkan bahwa proses mewarnai memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu bisa membuat pikiran Anda merasa lebih rileks.

Seorang pakar saraf yang bernama Dr Stan Rodski mengungkapkan, bahwa manfaat dari mewarnai yang dipercaya mampu meredakan stes juga membuat pikiran menjadi lebih tenang patsinya manfaat dari hal tersebut hampir sama dengan apa yang diperoleh ketika mereka melakukan meditasi. Sama halnya dengan meditasi, mewarnai juga bisa membuat keadaan otak kita menjadi lebih tenang, bahkan bisa menjauhi sejumlah pikiran yang buruk.

“Meditasi membuat denyut jantung melambat dan gelombang otak berubah. Hal ini membuat pikiran-pikiran buruk yang diasosiasikan dengan stres menghilang. Efek ini juga ditemui pada orang dewasa yang mewarnai,” ungkap Dr Rodski, yang dikutip dari health.detik pada hari Selasa (13/9/2015).

Tidak berhenti sampai situ, Dr Rodski juga menjelaskan, bahwa dengan mewarnai bisa membuat seseorang tetap dalam keadaan fokus serta konsentrasi terhadap suatu hal. Bahkan ketika melakukan hal tersebut. orang tersebut tidak akan mendapatkan paksaan untuk terus berpikir jika memang dirasa sudah tidak mampu. Dengan mewarnai, maka seseorang tidak akan merasakan beban yang tinggi dengan hasil yang baik atau bahkan buruk, sehingga aktivitas mewarnai tersebut masih bisa tetap dilanjutkan dengan kondisi yang santai.

Seorang pakar otak yang bernama Dr Joel Pearson, yang berasal dari University of New South Wales, di Negara Australia juga membenari penjelasan tersebut. Karena dengan aktivitas mewarnai sebuah gambar yang memang sudah disediakan, menurutnya bisa membuat keadaan otak terpenuhi dengan sejumlah pemikiran yang tetap memang bisa membuat seseorang tersebut merasa bahagia.

“Anda melihat bentuk dan ukuran gambar, melihat sudut-sudut yang harus diwarnai, dan memutuskan untuk menggunakan warna. Ini membuat bagian otak yang berhubungan dengan kecemasan dan stres terlupakan karena perhatian Anda difokuskan untuk mewarnai gambar tersebut,” ungkapnya.

Bahkan seorang psikolog klinis, Ben Michalis bahkan mengaku, bahwa dirinya sering memberikan resep kepada para pasien untuk melakukan kegiatan mewarnai guna menenangkan serta memusatkan pikiran mereka. Bahkan Michaelis juga menambahkan, bahwa aktivitas dalam mewarnai dengan menggunakan cara terstruktur mampu mengaktifkan beberapa bagian organ otak yang memang erat kaitannya dengan logika juga kreativitas yang tinggi.

“Oleh karena itu ketika kita mewarnai, pusat aktivitas amigdala, bagian otak yang berkaitan dengan respons takut, benar-benar beristirahat. Efeknya, kita bisa merasa lebih tenang,” papar Michaelis.

Dan itulah tadi penjelasan mengenai proses mewarnai yang memang memiliki efek yang sama dengan proses meditasi yang jelas bermanfaat untuk meredakan stress juga menenangkan pikiran yang tengah kalut. Bahkan untuk saat ini, banyak diantaranya tenaga ahli psikolog yang menganjurkan pasiennya untuk melakukan mewarnai pada gambar yang telah di sediakan guna meredakan stress.

Nah, jika Anda merasa tengah stress dan tertekan akan segudang kegiatan Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mewarnai. Karena seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya, bahwa mewarnai memiliki manfaat untuk meredakan stress.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517