Benarkah Khasiat Kopi Bisa Mengatasi Nyeri Setelah Olahraga?

Nyeri otot setelah melakukan aktivitas olahraga lebih dikenal dengan istilah Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS). Kondisi tersebut biasanya terjadi ketika melakukan olahraga baru, menambah intensitas olahraga ataupun merubah gaya olahraga. Nah, kerusakan mikroskopis pada bagian serat otot tersebut akan memicu rasa nyeri dan kaku. Lalu benarkah jika khasiat kopi bisa mengatasi rasa nyeri tersebut?

Semua gerakan yang belum terbiasa Anda lakukan memang sangat rentan memicu resiko DOMS. Terlebih lagi jika gerakan yang Anda lakukan memicu kontraksi otot. Ternyata rasa nyeri yang dialami pada waktu berolahraga tersebut bisa diredakan dengan kopi. Menurut sebuah studi menunjukan bahwa kandungan kafein pada kopi berguna untuk meringankan keluhan nyeri otot sesaat setelah Anda berolahraga.

Studi tersebut dilakukan pada 25 orang laki-laki yang masih berusia muda. Rinciannya yaitu sebagian diantaranya merupakan orang yang sering mengkonsumsi kopi dan sebagian tidak terbiasa. Pemberian pil yang berisi kafein diberikan setara dengan 3 gelas kopi dan pil lain kosong. Pemberian kafein tersebut 1 jam sebelum olahraga. Kemudian individu diminta untuk berolaharaga sekitar 30 menit.

Nah, kelompok yang mengkonsumsi kopi ternyata merasakan nyeri otot dengan intensitas ringan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dalam hasil riset yang lain menunjukan bahwa kafein bisa mempengaruhi kinerja saraf tulang belakang dan otak sehingga berperan terhadap proses timbulnya rasa nyeri.

Namun meskipun demikian, hal ini memerlukan pembuktian yang lebih mendalam terhadap kinerja kafein untuk meredakan rasa nyeri pada otot. Konsumsi kopi juga sebaiknya tidak berlebihan sebab bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Bagi Anda penggemar kopi, mungkin hal ini merupakan kabar baik karena ternyata kopi memiliki khasiat yang bagus untuk mengatasi rasa nyeri sewaktu berolahraga. Dalam hal ini tergantung bagaimana Anda menyikapinya sehingga manfaat kopi bisa Anda rasakan dengan baik tanpa efek samping yang merugikan kesehatan.

Konsumsi kopi sebaiknya tidak lebih dari 3 gelas setiap harinya supaya tidak merugikan kesehatan Anda. Sebab jika terlalu banyak, kafein juga bisa memperngaruhi kualitas tidur Anda pada malam hari. Selain itu, kafein bisa meningkatkan resiko penyakit maag.

Mengkonsumsi kopi sebaiknya tidak sering dilakukan ketika perut masih kosong karena hal ini bisa memicu terjadinya peradangan pada lambung. Sebaiknya Anda mengkonsumsi kopi dengan cemilan seperti roti atau biskuit.

Aturan dan takaran yang benar akan membuat kopi yang Anda minum memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Disamping itu, jangan menamlbahlan terlalu banyak gula kedalam kopi yang Anda sajikan sebab bisa memicu timbulnya resiko penyakit diabetes dan kenaikan berat badan yang tak terkontrol. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This