Benarkah Faktor Keturunan Menjadi Penyebab Kanker Payudara?

Kanker payudara tergolong salah satu jenis penyakit mematikan yang mengancam kaum hawa. Penyakit yang satu ini terkadang susah untuk dideteksi dan dikenali gejalanya. Pada beberapa kasus baru diketahui setelah emmasuki stadium lanjut atau kondisinya sudah benar-benar parah. Dalam hal ini diperlukan perhatian khusus untuk melakukan pencegahan dini.

Pada dasarnya kanker payudara bisa dicegah sejak dini dengan berbagai cara seperti giat berolahraga dan memperhatikan gaya hidup. Disamping itu, Anda juga harus rutin untuk memeriksakan kesehatan payudara. Dengan begitu maka bisa menekan resiko penyakit berbahaya tersebut. Jika diketahui lebih awal maka akan memudahkan untuk proses penanganannya.

Apakah benar faktor keturunan menjadi salah satu penyebab kanker payudara? Hal ini tidak sepenuhnya benar dan salah. Sebab ada kasus perempuan yang menderita kanker payudara tetapi tidak memiliki riwayat dari keluarganya dan adapula yang sebaliknya. Penyebaran kanker payudara tidak bersifat herediter. Namun ada beberapa gen tertentu yang bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker ovarium dan payudara.

Apabila Anda memiliki dua saudara atau kerabat dekat dari pihak yang sama seperti saudara perempuan dan ibu yang menderita penyakit kanker payudara maka sebaiknya Anda melakukan skrining genetic untuk mengetahui gen yang menjadi penyebab kanker tersebut. Namun perlu Anda ketahui bahwa kanker payudara ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh faktor keturunan. Hanya sebagian kasus saja yang disebabkan hal tersebut.

Adapun Penyebab Lain Kanker Payudara Yaitu Sebagai Berikut

Riwayat Kanker

Salah satu penyebab kanker payudara adalah telah memiliki atau mengalami kanker payudara sebelumnya atau adanya perubahan sel kanker yang bersifat non invasive di dalam saluran payudara. Nah, kondisi tersebut akan menjadikan Anda lebih rentan terkena lagi penyakit tersebut.

Faktor Usia

Seiring dengan bertambahnya usia maka resiko terkena penyakit kanker semakin tinggi. Resiko kanker payudara meningkat pada perempuan yang menginjak usia menopause yaitu antara 50 dan 70 tahun. Hal ini tentunya memerlukan perhatian khusus dan harus dilakukan skrining untuk setiap tiga tahun sekali.

Pola Hidup

Nah, inilah faktor yang terkadang kita abaikan. Kebiasaan dan pola hidup sehari-hari bisa menjadi faktor yang memicu pertumbuhan sel kanker payudara. Terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan kebiasaan buruk lainnya.

Kepadatan Payudara

Perlu Anda ketahui bahwa payudara terdiri dari ribuan kelenjar kecil yang disebut dengan lobulus untuk menghasilkan air susu. Nah, jaringan ini memiliki konsentrasi yang tinggi dari sel dan jaringan payudara lainnya. Bagi wanita yang memiliki kepadatan jaringan tersebut beresiko terkena kanker karena banyak sel yang kemungkinan berubah dan berkembang menjadi kanker.

Kanker payudara memang tergolong penyakit mematikan, namun hal ini bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan hindari faktor pemicunya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517