Benarkah Berenang Untuk Ibu Hamil Berbahaya?

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak guna menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Kebutuhan nutrisi pada saat hamil meningkat dua kali lipat dibandingkan sebelum hamil. Disamping mencukupi asupan makanan yang bergizi, ibu hamil juga harus senantiasa berolahraga supaya terhindar dari resiko kehamilan. Jenis olahraga yang ditekankan untuk ibu hamil merupakan jenis olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang. Namun, ternyata olahraga berenang untuk ibu hamil memiliki dampak positif dan negatif untuk kesehatan.

Berenang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, salah satunya yaitu meminimalisir resiko gangguan pada janin dan melancarkan proses persalinan nantinya. Akan tetapi disamping itu oternyata berenang juga bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Hal ini terkait dengan fasilitas kolam renang yang digunakan.

Jika ibu hamil ingin melakukan aktivitas berenang sebaiknya tidak menggunakan fasilitas kolam renang umum karena bisa membahayakan kesehatan. Kolam renang untuk ibu hamil hendaknya bersih dan terbebas dari zat kimia seperti pemutih air. Seperti yang kita ketahui bahwa kolam renang umum tidak terlepas dari penggunaan zat kimia penjernih air. Lalu apa bahaya berenang untuk kesehatan ibu hamil?

  1. Dehidrasi

Aktivitas berenang yang dilakukan oleh ibu hamil berpotensi menyebabkan dehidrasi. Hal ini terjadi karena ibu hamil tidak menyadari bahwa pada waktu berenang tubuh kehilangan banyak cairan namun tidak menimbulkan perasaan haus sehingga akhirnya dehidrasi. Jika dehidrasi terjadi sangat parah maka sangat beresiko terhadap kesehatan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, jika Anda hendak berenang saat hamil sebaiknya memperhatikan kebutuhan cairan untuk tubuh. Bawalah air minum dan usahakan untuk minum setiap 10 menit sekali.

  1. Bahaya Klorin

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kebanyakan kolam renang umum menggunakan klorin sebagai pembasmi mikroorganisme. Klorin memang berguna dalam mensterilkan kolam renang, akan tetapi zat kimia tersebut bisa berdampak negatif terhadap ibuĀ  hamil. Bahaya bagi janin yaitu menurunkan sistem imun sehingga mengganggu tumbuh kembangnya dan rentan terhadap infeksi penyakit.

  1. Infeksi

Kolam renang umum yang dipakai oleh banyak orang tidak terjamin kehigienisannya sehingga jika digunakan oleh ibu hamil rentan menyebabkan infeksi bakteri. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan janin akan mengalami gangguan pertumbuhan.

  1. Resiko Terpeleset

Pada saat berada di kolam renang, dikhawatirkan ibu hamil kehilangan keseimbangan dan terpeleset. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil berhati-hati dan pastikan bahwa kolam renang selalu dibersihkan sehingga tidak terjadi pertumbuhan lumut yang menyebabkan terpeleset.

Nah, itulah sebagian kecil bahaya berenang bagi ibu hamil. Aktivitas berenang memang berguna bagi ibu hamil apabila dilakukan dengan benar dan memperhatikan kebersihan kolam. Sebaiknya hindari berenang di kolam renang umum, gunakanlah kolam renang pribadi sehingga kebersihannya lebih terjamin.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517