Bedong Bayi, Penting Atau Tidak?

Sejak jaman dulu bedong bayi memang dikenal sebagai sarana atau cara agar nantinya si bayi tidak memiliki kaki yang bengkok, dalam artian si kecil akan memiliki kaki yang lurus. Di samping itu, bedong bayi juga bertujuan untuk memberikan kehangatan kepada si kecil. Namun sampai saat ini, pertanyaannya adalah, apakah bedong bayi ini penting atau tidak, dan apakah bedong bayi ini aman?

Berdasarkan ungkapan dari para ahli, membedong bayi memang di percaya bahkan di yakini mampu membuat si kecil memiliki kualitas tidur yang baik, dan ia akan tertidur sangat lelap. Dan jelas, hal ini pastinya akan membuat bayi Anda ada dalam keadaan nyaman serta hangat, sama halnya dengan ketika ia berada di dalam kandungan.

Bukan hanya itu, ternyata membedong bayi juga dipercaya mampu mengurangi angka kejadian kolik yang kerap kali terjadi pada bayi serta mencegah munculnya reflek moro pada bayi itu sendiri, dalam artian mencegah si kecil merasa ia tengah terjatuh, dan terkadang ia terlihat seperti kaget.

Untuk bedong bayi sendiri, Anda bisa menggunakan bedong yang instan atau bahkan bedong manual yang sejak jaman dulu penggunaannya menggunakan samping. Sebenarnya kedua jenis bedong ini memiliki manfaat masing-masing yang baik untuk si kecil atau bahkan Anda. Jika bedong instan, Anda tidak perlu lagi repot-repot membentangkan samping dan beberapa hal lainnya yang di rasa merepotkan, Anda hanya perlu memasukkan si kecil pada bedong instan tersebut, tanpa harus membentangkan bedongan tersebut. Sedangkan untuk bedong yang tradisonal yang memang kerap kali menggunakan samping untuk pembedongannya, memang sedikit rumit, namun kehangatan si kecil akan tetap terjaga dan bayi akan lebih nyaman di buatnya.

Namun ada satu hal yang penting untuk Anda ketahui, membedong bayi juga membutuhkan teknik atau cara yang tepat dan benar, tidak boleh asal-asalan. Karena ketika Anda membedong bayi terlalu kendur, maka dipastikan bisa membahayakan si kecil, karena kain bedong tersebut bisa menutupi bagian muka si kecil yang memang bisa berakitab si kecil kesulitan untuk bernapas.

Dan jika Anda membedongnya terlalu ketat, hal ini juga bisa membuat si kecil menjadi sangat sulit untuk bernapas bahkan bergerak. Di samping itu, ketika Anda membedong dengan sangat ketat, maka perkembangan pada bagian sendi pinggul si kecil akan terganggu.

Maka dari itu, cara yang tepat dan baik ketika Anda hendak membedong bayi yaitu hanya dengan membalutkan tangan juga tubuh bagian atas dengan rapat namun tidak terlalu ketat atau bahkan longgar, dan bagian kaki si kecil dibiarkan longgar agar ia mudah untuk bergerak.

Nah, jika pertanyaannya boleh atau pentingkah bayi di bedong? Sebenarnya boleh dan penting si kecil di bedong, terutama ketika lahir, karena membedong bayi juga memiliki manfaat yang besar. Yang tidak boleh itu adalah, membedong bayi dengan cara yangtidak tepat, serta memaksa posisi kaki si kecil untuk lurus.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517